Semangat Kemerdekaan : Merah Putih Minggu Pagi RT 03 GSI

Selalu banyak cara mengekspresikan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun. Termasuk yang dilakukan warga RT 03 Perum GSI, tempatku bernaung kini.

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI tahun ini, tepat di Minggu pagi, rutinitas senam pagi yang biasa dilakukan pun sedikit berbeda. Kostum dan atribut bertema merah putih menghiasi kegiatan senam pagi.

Persiapan melakukan senam Minggu pagi ini sudah dilakukan jauh-jauh hari. Hanya untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan cinta tanah air.

Dari mulai mempersiapkan kostum merah putih, atribut yang dipakai sebagai gelang dan stiker bertema merah putih. Semua kompak dan bersatu.

Semangat warga RT 03 GSI pun semakin semarak dan menggelora. Baik tua mau pun muda menikmati senam pagi dengan bersuka cita. Tubuh kembali bugar dan semangat kemerdekaan pun terus bergaung di hati setiap warga.

Kegiatan Minggu pagi tersebut tidak berhenti sampai di situ. Acara dilanjutkan dengan perlombaan antar ibu-ibu RT 03 GSI. Diantaranya ada lomba balap makan kerupuk perorangan, lomba estapet tepung dan lomba estapet karet yang dilakukan secara berkelompok.

Walaupun hanya 3 lomba yang diikuti, tapi sudah cukup menyita waktu dan tenaga. Keseruan dan kehebohan yang terjadi antar ibu-ibu telah menumbuhkan semangat perjuangan untuk meraih kemenangan.

Sama halnya seperti perlombaan anak-anak yang sudah berlangsung dari dua hari sebelumnya, perlombaan yang diikuti ibu-ibu pun tak kalah seru dan menarik. Rasa berdebar saat akan memulai lomba pun dirasakan para ibu dari berbagai kalangan dan usia ini.

Tak hanya itu, seperti tahun- tahun sebelumnya, hari kemerdekaan 17 Agustus yang biasa warga RT 03 lakukan adalah melaksanakan tasyakuran.

Sebagai bentuk rasa syukur atas perjuangan para pahlawan yang sudah mempertaruhkan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan negara Republik Indonesia.

Biasanya, sebelum tasyakuran berlangsung, ibu-ibu RT 03 kompak mempersiapkan menu masakan yang akan dihidangkan dalam jamuan tasyakuran, yang dihadiri oleh seluruh warga RT 03 GSI. Dari mulai bapak-bapak, ibu-ibu hingga para remaja dan anak-anak berbaur menjadi satu.

Semangat kemerdekaan 1945 seakan terus menular pada perjuangan warga RT 03 GSI khususnya, yang tak pantang menyerah dalam memupuk semangat persatuan dan kesatuan antar warga hingga saat ini.

rumahmediagrup/bungamonintja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.