Merdekaku, Merdekamu

Usia kemerdekaan Indonesia sudah mencapai 75 tahun, namun belum semua merasakan merdeka yang sesungguhnya. Pada dasarnya kata merdeka menurut seseorang pastinya berbeda-beda, hal ini dapat kita lihat dari latar belakang pendidikan, lingkungan keluarga, karakter seseorang bahkan keadaan ekonominya seseorang.

Tak ada yang salah jika mereka mengartikan kata merdeka menurut pemikiran dan sudut pandangnya. Semua berhak mengemukakan pendapat dan idenya, karena negara dan undang-undang menjamin kebebasan seseorang untuk berpendapat tentunya sesuai dengan aturan dan undang-undang yang sedang berlaku.

Pada saat ini yang terjadi di negara kita, Indonesia tengah dihadapkan pada keadaan yang belum menentu dan entah kapan berakhirnya masa pandemi akibat virus covid-19. Setiap sendi dan aspek merasakan dampaknya, tak hanya aspek ekonomi namun secara psikologi dirasakan setiap warga.

Aspek pendidikan juga terdampak. Sekolah-sekolah swasta menurun jumlah siswanya yang mendaftar, pelaksanaan pembelajaran yang tak efektif akibat dilakukannya tanpa tatap muka. Tak semua siswa mempunyai gadget untuk mendukungnya agar dapat mengikuti pembelajaran secara daring, dan masih banyak permasalahan di aspek pendidikan.

Maka arti merdeka menurutku dan menurutmu jika dikaitkan dengan masa sekarang, pastinya tak jauh dari harapan segera berakhirnya masa pandemi ini dan secepatnya ditemukannya vaksinnya. Sehingga kita dapat merasakan merdeka yang sesungguhnya dengan dapat melakukan kegiatan seperti sedia kala. Semoga.

Sumber Gambar : CleanPNG.com

rumahmediagrup/She’scafajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.