Persiapan Yang Akan diwariskan

Persiapan Yang Akan diwariskan

Kematian adalah kenyataan yang akan kita semua hadapi, lalu apa yang akan kita bawa? Atau apa yang akan kita tinggalkan?.

Perputaran roda kehidupan setiap hari atau setiap jam, bahkan bisa setiap detik, selalu ada yang lahir dan ada pula yang mati.

Seyogyanya jika kita memang mengimani adanya qada dan qadar, mengimani bahwa Allah itu Al-Mumit (Maha mematikan), maka persipakanlah dari sekarang, karena kita tidak pernah tahu kapan kita akan mati menghadap Illahi.

Persipan yang harus kita tabung adalah bekal untuk pergi menghadap Illahi dan persediaan yang akan kita tinggalkan untuk anak cucu kita

1. Persiapan tabungan kebaikan

“Hendaklah ada diantara kalian segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar merkalah orang-orang yang beruntung” (QS. Ali Imran ;104)

Persiapan ini yang akan ditanya dan dipertanggung jawabkan di hadapan sang Khaliq.

2. Persediaan yang akan ditinggal

Persediaan berupa ilmu, harta dan kedudukan. Menurut saya itu penting karena selepas kita tinggalkan, memastikan anak-anak kita tenang, tercukupi dan lebih khusyu dalam beribadah.

Satu dinar engkau mwnafkahkan di jalan Allah.swt, satu dinar engkau bebaskan budak, dan satu dinar engkau nafkahkan untuk keluargamu, yang paling besar pahalanya adalah dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu” (Diriwayatkan oleh Muslim).

Selain tentang harta yang akan diwariskan, ilmu juga sangat penting untuk diwariskan. Jika kita hanya meninggalkan harta, tapi tanpa ada ilmu maka harta tersebut akan habis dan tidak akan menjadi manfaat buat anak dan cucu kita.

Sumber gambar :Google/kematian_kartun

Wallahua’lam bishowab
Rumahmediagrup/Maepurpple

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.