Nikmat Puasa Sunnah Di Bulan Muharram

Nikmat Puasa Sunnah Di Bulan Muharram

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam Jum’at barokah teman-teman.

Insya Allah ada sebagian dari teman-teman yang sedang dan akan menjalankan puasa sunnah Asyura  hari ini dan besok. Akan halnya ada yang menjalankan mulai besok pun tak masalah sebab mungkin belum mengetahui bahwa ada hadist yang menyebutkan keutamaan mendahulukan puasa Asyura dengan berpuasa satu hari sebelumnya, yang tepatnya jatuh pada hari Jum’at ini, puasa Tasu’ah disebutnya. 

Kita sudah mengetahui keutamaan puasa Asyura. Namun ada keutamaan lagi jika mendahulukan dengan puasa Tasu’ah, ialah puasa pada tanggal 9 Muharram di antara tujuannya adalah untuk menyelisihi Yahudi dan Nasrani.

Dari Abu Qotadah Al Anshoriy, berkata:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

“Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, “puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” 

Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)

Bahkan di minggu depan itu kita bisa memaksimalkan ibadah puasa sunnah kita secara penuh dengan melanjutkan puasa sunnah Senin, dan melanjutkan tiga hari berikutnya Selasa sampai Kamis sebagai puasa sunnah 3 hari setiap pertengahan bulan. 

Puasa ini dilakukan secara rutin pada hari-hari putih yakni saat rembulan tengah bersinar dengan terangnya (ayyamul bidh), dilakukan setiap pada tanggal tiga belas, empat belas dan lima belas pada setiap bulan Hijriah. 

Banyak hal positif yang bisa kita peroleh dari ibadah puasa yang kita lakukan. Selain pahala dan kebaikan yang akan didapatkan, kita juga dapat merasakan kesehatan tubuh saat kita melakukan ibadah puasa, terlebih jika ibadahnya dilakukan dengan teratur dan mengkonsumsi makanan yang sehat bergizi. 

Segala penyakit dan keluhan kesehatan kita dapat terkikis sedikit demi sedikit dengan menjalankan ibadah puasa. Pengalaman tentang dengan terkikisnya gejala penyakit melalui puasa ini pernah saya alami, insya Allah di lain kesempatan akan saya buat tulisannya. 

Dengan melakukan ibadah puasa, kita juga akan mendapatkan dua kebahagiaan yang tidak dirasakan oleh orang lain yang tidak melakukannya, kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika mereka bertemu dengan Rabbnya. 

Hal ini telah diriwayatkan dari Abu Hurairah  yang berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bersabda:

“Setiap amal anak Adam dilipat gandakan, satu kebaikan dengan sepuluh kebaikan sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, ”Kecuali puasa, ia untukKu dan Aku yang membalasnya. Dia meninggalkan syahwat dan makan demi Aku.” Orang berpuasa mempunyai dua kebahagiaan. Kebahagiaan pada waktu berbuka dan kebahagiaan pada waktu bertemu Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa adalah lebih harum di sisi Allah daripada minyak kasturi.” (Hadis Riwayat Abu Hurairah)

Catatan:

~ 9 dan 10 Muharram dalam kalender Masehi yaitu tanggal 28 dan 29 Agustus 2020.

~ materi dirangkum dari beberapa sumber

~ pic: fb Narlia Yana Sultra

rumahmediagrup/isnasukainr 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.