Dosa

Dosa

Assalamualaikum wrwb, sahabat Rumah Media, semoga selalu dalam lindungan Allah Swt. Amin. Sobat, tentu sering mendengar kata dosa. Apakah dosa itu?

Dosa adalah hasil dari perbuatan salah di mata Allah Swt. Apakah cotohnya? Berikut adalah contoh perbuatan dosa: musyrik, murtad, durhaka kepada kedua orangtua, tidak salat, tidak puasa wajib, menghardik anak yatim, berbuat zalim, tidak adil, fitnah, gibah, makan riba, berzinah, konsumsi yang memabukkan, dan lain sebagainya.

Apa ada manusia yang luput dari dosa? Manusia itu tempatnya berbuat dosa. Manusia itu selalu bergelimang dosa. Tak ada manusia yang luput dari dosa, hanya Allah Swt Yang Mahatahu tentang hal ini.

Sampai kapan manusia bergelimang dosa? Selama manusia hidup di dunia, maka akan bergelimang dosa. Bagaimana agar manusia terbebas dari dosa? Memohon ampun kepada Allah Swt setiap saat atas segala dosa yang dilakukan baik sengaja maupun tidak.

Pertanyannya adalah apakah manusia selalu meminta ampun atas segala dosa-dosanya? Jawabannya ada pada diri masing-masing. Apakah ia terus menumpuk dosanya atau menghapus dosanya, tergantung pada individu masing-masing.

Semoga kita selalu menjadi orang yang meminta ampunan setiap saat. Semoga kita selalu menyegerakan bertemu kepada Sang Khalik. Allah SWT sudah mengatur waktu siang dan malam, sudah mengatur waktu ibadah wajib, ibadah sunah, mencari nafkah, beristirahat dalam rangka aktivitas hablumminallah dan hablumminannas.

Qur’an dan sunnah Nabi Muhammad SAW sebagai tuntunan. Niscaya kita akan selamat dunia dan akhirat jika selalu berpegang pada aturan Allah SWT. Terbatasnya kemampuan manusia dalam mengamalkannya, maka perlunya menuntut ilmu agama setiap saat.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.