Sering Terlupakan oleh Kontributor Kelas Menulis

Sering Terlupakan oleh Kontributor Kelas Menulis

Kontributor adalah orang berkontribusi pada sebuah event. Kontributor dalam kelas menulis adalah para penulis yang berkontribusi dalam satu kelas baik tatap muka ataupun online. Mereka adalah orang-orang yang berkontribusi menyetorkan tulisannya kepada PJ (penanggung jawab) event menulis. Biasanya mereka para penulis dalam event buku antologi, yaitu buku yang ditulis oleh beberapa orang.

Para kontributor mempunyai hak dan kewajiban. Mereka berhak mendapatkan informasi seputar event yang diikuti. Mereka juga berhak mengajukan pertanyaan dan memperoleh jawaban. Mereka juga berhak mendapatkan remind, peringatan jika ada hal-hal yang harus diketahu. Dan mereka berhak mendapat hasil atau produk berupa buku jika event tersebut adalah kelas menulis, untuk hal ini tergantung kesepakatan di awal kegiatan.

Adapun kewajiban kontributor adalah membaca, memahami, dan menaati S dan K (Syarat dan Ketentuan) event menulis. Di antara ketentuan umum adalah mengikuti dan mematuhi tata tertib kelas. Biasanya dilarang atau tidak membagi info yang tidak berhubungan dengan event yang diikuti. Wajib menyetorkan hasil tulisannya sebelum DL (dateline). Dan wajib membayar biaya sesuai jumlah pemesanan buku.

Berikut ini beberapa hal yang sering terlupakan oleh kontributor:

1. Isi naskah tidak sesuai dengan ketentuan. Kontributor tidak memahami tema, judul, tujuan, dan maksud sebuah event yang diikuti. Hal ini membuat konten naskah menyimpang dari tujuan.

2. Tidak sesuai dengan jenis tulisan. Kontributor tidak memahami jenis tulisan yang harus ditulisnya apakah fiksi, non fiksi, atau faksi. Namun ada pula sebuah event membolehkan segala jenis tulisan asal sesuai tema. Hal ini tergantung pada ketentuan di awal.

3. Tidak sesuai jenis teks. Kontributor tidak memahami apakah yang harus ditulis teks deskripsi, prosedur, narasi, opini, dan sebagainya. Kadangkala sebuah event menggabungkan penulisan jenis teks. Ketentuan tersebut telah disampaikan pada awal penyampaian info.

4. Nama file tidak sesuai ketentuan. Banyak kontributor yang menganggap sepele dengan penamaan file, padahal hal ini menyulitkan PJ memilah file-file yang sedang didownload di laptopnya File-file tersebut bercampur dengan file lainnya.

5. Nama subyek email tidak sesuai ketentuan. Hal ini juga menyulitkan PJ mengecek file yang masuk ke emailnya.

6. Foto terpisah dari file. Ini hal yang sangat sulit bagi PJ dalam menganalisa karena jika ada hal seperti ini dilakukan oleh lebih dari satu kontributor atau lebih maka PJ akan kesulitan menentukan foto siapa yang telah terdownload di laptopnya.

Demikianlah beberapa hal yang sering terjadi dalam pengiriman naskah. Semoga tulisan ini akan membantu para kontributor untuk memahami dan lebih Hati-hati sehingga pelaksanaan sebuah event berjalan dengan baik.

Sumber foto: https://images.app.goo.gl/ULLi4BRxWEw2GrjX8

Rumahmediagrup/saifulamri

One comment

  1. Ini baik di share di tiap event, agar mereka kontributor tahu dan bisa menyadari hal dan kewajibannya, agar PJ juga memberikan pengetahuan ini secara detail di awal sebagai bahan pemahaman mereka.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.