Sekali-kali Boleh Saja

Sekali-kali Boleh Saja


Bukan dengan maksud pembenaran diri, semata karena saya sering mengalaminya. Libur tidak ada aktifitas di dapur sama sekali, dari saatnya sarapan di pagi hari sampai saat makan malam.

“Kenapa Buk gak masak, ibu sedang sakit?”

Awalnya anak-anak belum memahami ketika melihat ibunya tinggal dan diam saja di kamar atau di depan meja kerja, atau malah sedang santai pegang remote TV. Bukan sedang ngambeg, sakit atau kelelahan banget yang kadang membuat saya ingin istirahat tak masak sesekali.

Hal yang sama terjadi pada beberapa teman sesama pekerja atau ibu-ibu satu gang di komplek kadang suka bertegur sapa di grup WA, bercerita sedang tidak ingin memasak. Saya jadi iseng berkesimpulan, sebenarnya ibu-ibu kadang ingin libur masak karena beberapa alasan seperti ini:

~Ingin mengalihkan perhatian sang suami, bapaknya anak-anak yang sudah lama tak menawarkan sekedar makan di luar, walau sekedar di warung tenda pecel lele. Memang kita kadang kangen masa-masa jadi anak kost yang suka makan di tempat pecel lele atau warteg.

~Sedang stuck pada ide menu masakan yang sudah terlalu sering diputar dan ketemu itu lagi-itu lagi. Sudah searching resep kombinasi menu di YouTube malah suka keterusan nikmati waktu dengan ponselnya, akhirnya berlalu begitu saja waktunya memasak.

~Benar-benar kecapekan karena kejar tayang tugas kantor atau tugas sambilan lainnya, yang membutuhkan konsentrasi lebih. Ketika sudah begadang hingga larut, otomatis jam tidur semakin sedikit dan waktu jelang subuh badan agak terasa lunglai. Keinginan memasak harian manjadi sangat dipaksakan yang ujung-ujungnya terjadi mal praktik memasak, keasinan atau kemanisan, dsb.

~Karena kesepakatan bersama anggota keluarga, yang tau ibunya sudah sering lelah sepulang kerja, pun masih membawa tugas ke rumah, anak-anak biasanya faham dan mempersilahkan si ibu tak usah masak dulu, besoknya biar terbebas sejenak dari keriuhan pagi-pagi di dapur. Ini yang paling membuat si ibu merasa tidak bersalah, barangkali ya? sebab sudah dengan kesepakatan bersama.

Apapun itu jenis kendala yang menjadikan si ibu, baik dia bekerja atau tidak, bila sekali-sekali saja ingin bebas dari tugas dapur, tolong mengertilah wahai para suami. Anda akan sangat mendapat perhatian yang lebih di luar masalah masakan dari dapur sendiri oleh istri, percayalah. Ya dikarenakan istri punya energi yang tersimpan dan tidak terlalu kelelahan, suasana batin yang lebih segar dengan ajakan makan di luar, atau rileks karena sudah cukup istirahatnya setelah lembur kerjaan kantor, dsb.

Solusi dari libur masak sudah begitu banyak bertebaran baik itu di warung-warung dalam komplek atau ikuti trend pesan antar, tunggu agak beberapa menit sampai hitungan 1 jam, makanan siap terhidang, sekali-kali bolehlah merogoh kocek lebih banyak memang jika dibandingkan dengan belanja dapur harian. Hasilnya akan membuat refresh semua anggota keluarga, terutama si ibu.

Asalkan keringanan dalam hal boleh bebas dari memasak tadi tidak menjadikan kita ibu-ibu keenakan dan ingin berulang lebih sering. Pembiaran si ibu bersantai sejenak oleh suami dan anak-anak bukanlah berarti si ibu benar-benar boleh mencari-cari alasan buat nyantai ‘libur dari aktifitas dapur’, percayalah anak-anak pun lebih menikmati hasil olahan masakan ibunya.

Salam semangat dan tetap enegik buat ibu-ibu shalihah cantik baik yang membantu suami berkarya ataupun hanya di rumah, karena dari kalian yang kreatif, generasi sehat penuh iman dan ikhsan akan terbentuk.

pic. Fb Tips dan Inspirasi Bundaku

rumahmediagrup/isnasukainr

5 comments

  1. Assalamualaikum…
    Biasanya saya bingung mau msk apa??tapi kalau sdh mentok, lalu tdk menemukan ide, mau tdk mau hrs beli mateng, terkadang bosan jg di dapur tiap hari…😀

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.