5 Waktu Ideal untuk Menulis – Nomor 4 Favorit Saya

5 Waktu Ideal untuk MenulisNomor 4 Favorit Saya

 

 

Menulis sebenarnya bisa di mana saja, kapan saja. Tidak terbatas ruang dan waktu. Saat semangat … menulis. Saat senang, sedih, gundah, hampa, duka, bahagia, ceria, dan segala macam perasaan … menulis. Saat di rumah, kantor, sekolah, tempat les, dan segala macam tempat … menulis. Tidak ada yang membatasi seseorang untuk menulis. Meski tulisan itu bagus atau jelek. Meski tulisan itu baik atau buruk. Bagi yang ingin menulis, pasti menulis. (Hanya saja, semua ada pertanggungjawabannya apa yang dituliskan.)

 

Tapi tahukah, sahabat? Ternyata ada waktu di mana tulisan kita bisa menjadi berkualitas, jika menulis di 5 waktu tertentu untuk menulis?

5 Waktu tersebut, adalah;

  1. Saat ide muncul. Saat ide muncul, jangan berlama-lama dibiarkan. Segera tuliskan secepatnya. Karena, bisa jadi ide yang muncul secara tiba-tiba itu adalah ide yang berkualitas. Tidak harus ditulis secara lengkap berkalimat-kalimat. Cukup tuliskan garis besarnya saja atau poin-poin pentingnya. Ide yang sudah dicatat bisa dikembangkan menjadi sebuah paragraf, alinea, bahkan dijadikan sebuah buku. Jadi, mulai sekarang jika ada ide terlintas di kepala, segera catat!
  2. 5 menit di sela-sela istirahat. Saat sedang melakukan aktivitas rutin–baik itu bekerja, sekolah, bermain–biasanya selalu ada ilmu baru yang didapatkan. Ilmu itu akan hilang/terlupakan jika tidak dituliskan. Oleh karena itu, manfaatkan 5 menit saja saat istirahat untuk menulis, apa saja yang terlintas di kepala. Bisa dijadikan sebagai ajang latihan menulis. Jika kita terbiasa menulis, maka kosa kata semakin banyak dan terus bertambah. Maka, semakin mudah untuk menulis. Bisa karena biasa, itulah mungkin ungkapannya.
  3. Pada saat menunggu. Menunggu itu membosankan, apalagi jika harus berjam-jam. Biasanya kita menunggu pada saat antri di Rumah Sakit. Bertemu klien yang super sibuk. Menunggu di halte/stasiun. Gunakan waktu kosong tersebut untuk hal-hal bermanfaat. Salah satunya adalah menulis. Di zaman digital saat ini, hampir semua orang memiliki alat komunikasi berupa ponsel, baik itu ponsel biasa atau ponsel pintar. Kebanyakan ada fitur catatan di ponsel tersebut. Manfaatkan untuk latihan menulis. Banyak hal di sekitar kita yang bisa dijadikan bahan tulisan. Sayang untuk dilewatkan. Ketimbang melamunin mantan yang tiada kunjung datang, lebih baik menulis, kan?
  4. Di waktu pagi buta. Seharian beraktivitas tentunya membuat diri kita lelah. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk istirahat. Tidurlah di awal waktu malam. (Untuk yang muslim lebih bagus setelah waktu Isya) Diusahakan kurangi begadang. Bangun malam lebih menyegarkan dan menyehatkan untuk melanjutkan pekerjaan yang tertunda ketimbang begadang. Nah, saat bangun malam inilah, waktu paling pas untuk menulis. Karena di waktu ini–rentang waktu antara pukul 01.00 – 03.00–adalah waktu terbaik untuk mendapatkan inspirasi tulisan. Suasana hening atau sunyi membuat pikiran kita lebih mudah berkonsentrasi. Sehingga, menulis buku terasa lebih ringan untuk dilakukan (seperti slogan NuBar ya?!) Pikiran kita tidak mudah terpecah oleh sesuatu hal. Kita bisa fokus menulis 1 hingga 2 jam, tak terasa. Pada rentang waktu ini adalah waktu terfavorit bagi saya untuk menulis maupun mengonsep strategi untuk perusahaan. Jadi, daripada begadang, mending kita bangun malam.
  5. Bakda Subuh. Bagi yang Muslim, bisa dilakukan setelah salat subuh dan tadarus subuh. Bagi yang non muslim bisa dilakukan pada rentang waktu pukul 05.00 – 06.00 sebelum memulai aktivitas rutinan. Menulis di pagi hari sama baiknya dengan menulis pada waktu pagi buta. Tentunya pikiran masih sangat segar dan penuh semangat. Jadi, luangkan waktu untuk menulis ya!

 

Itulah 5 waktu terbaik menulis sebagai ajang latihan dan menciptakan tulisan-tulisan berkualitas versi Alfafa. Saya sudah mencobanya, bagaimana dengan Anda?

Semoga setitik ilmu ini bermanfaat untuk semua pembaca. Selamat mencoba.

 

 

rumahmediagrup/alfafa

 

One comment

  1. kayaknya kalau saya best time nya bakda subuh (no 5)
    masalahnya kadang susah banget jam2 segitu. tetapi yang baik tetap tiap kali ada ide kita catat. sekarang kan bisa mencatat di google keep 🙂

Comments are closed.