6 Manfaat Bermain di Luar

6 Manfaat Bermain di Luar

“Berani kotor itu baik ….”

Slogan dari iklan sebuah produk yang sering berseliweran di layar kaca ini seolah mengingatkan bahwa anak membutuhkan aktivitas ‘berkotor-kotor ria’ untuk pengembangan kreativitasnya.

Perkembangan teknologi masa kini mempengaruhi pola tradisi bermain anak zaman now.

Aktivitas bermain yang mengasyikkan di luar ruangan mulai tergantikan dengan tren bermain gawai di dalam rumah. Didukung oleh faktor fasilitas umum tempat bermain anak yang semakin berkurang. Juga meningkatnya ketakutan orang tua terhadap penyakit dan bahaya bermain di luar.

Padahal bermain di luar rumah memiliki manfaat penting untuk perkembangan anak. Bermain di luar rumah memang berisiko membuat anak terpapar kuman, namun hal ini justru dapat membuat kekebalan tubuh anak berkembang. Anak bisa mengenal berbagai zat berbahaya yang masuk ke tubuh sehingga bisa membentuk pertahanan yang lebih baik.

Beberapa manfaat lain dari membolehkan anak bermain di luar rumah antara lain :

1. Merangsang kreativitas
Saat anak bermain di luar, dia akan belajar untuk memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitarnya untuk bermain. Dengan begitu, anak akan semakin kaya pemikiran bebas, penuh inisiatif, tidak takut mengambil risiko dan terampil memecahkan masalah.

2. Melatih motorik kasar
Selain menyenangkan, bermain di luar juga bermanfaat untuk motorik kasar anak. Melatih otot-otot kaki dan tangan secara fungsional sekaligus meningkatkan fungsi kerja otak.

3. Membantu pertumbuhan tulang
Bermain di luar rumah membuat anak terkena langsung sinar matahari sehingga dapat meningkatan pemyerapan dan pembentukan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang anak.

4. Memperbaiki pola tidur anak
Pancaran sinar matahari alami membantu anak-anak tetap segar di siang hari dan membuatnya lebih mudah untuk tidur di malam hari.

5. Meningkatkan energi
Bermain di luar dan melakukan aktivitas-aktivitas fisik menantang seperti memanjat, melompat, atau berlari terbukti meningkatkan kebugaran, kekuatan tulang, dan fleksibilitas otot anak.

6. Memperbaiki suasana hati dan mengatasi stres
Saat bermain di luar, paparan sinar matahari mengaktifkan kelenjar pineal yang mendorong otak menghasilkan serotonin yang dapat membuat suasana hati menjadi bahagia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas di luar ruangan dapat menurunkan hormon kortisol atau hormon stres.

Jadi mulai sekarang, yuk ajak anak-anak kita bermain bersama di luar rumah.

rumahmediagrup/arsdiani