6 Tips Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Ekstrem

6 Tips Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Ekstrem

Saat ini kita sedang menghadapi cuaca ekstrem. Sewaktu-waktu saat cuaca terang benderang dapat berubah seketika menjadi hujan deras dan suhu turun dengan drastis. Hal ini diperberat dengan hujan berkepanjangan yang menyebabkan banjir di beberapa daerah.

BMKG merilis peringatan waspada potensi cuaca ekstrem selama sepekan, pada 5-12 Januari 2020. Disampaikan di https://www.bmkg.go.id/press-release/?p=update-release-bmkg-waspada-potensi-cuaca-ekstrim-sepekan-ke-depan&tag=press-release&lang=ID , bahwa BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan INTENSITAS LEBAT yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah.

Berdasarkan kondisi tersebut, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada.

Perubahan cuaca yang ekstrem ini tidak hanya berdampak pada kegiatan sehari-hari, namun juga berdampak pada kesehatan tubuh kita. Dalam kondisi cuaca yang demikian, virus dan bakteri di sekitar kita dapat berkembang dan menyebar lebih cepat. Penyebaran penyakit lebih mudah terjadi walaupun daya tahan tubuh dalam keadaan prima. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan saat cuaca ekstrem :

1. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan
Menjaga kebersihan diri penting bagi kekebalan tubuh. Mandi rutin dan mencuci tangan dengan sabun, merupakan cara sederhana untuk dapat menangkal berbagai penyakit. Selain itu penting menjaga pola hidup yang sehat dan menjaga kebersihan seperti makan dan minuman yang higienis, serta menjaga kebersihan lingkungan.

2. Menerapkan Pola Makan Sehat
Konsumsi makanan bergizi dengan porsi seimbang dan teratur. Rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, karena kaya akan antioksidan yang penting untuk mendukung sistem kekebalan imunitas tubuh. Kandungan antioksidan dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menekan kerusakan dalam sel serta mendukung sistem imunitas tubuh.

3. Melakukan Olahraga Teratur
Olahraga berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh karena bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat, membantu kelancaran metabolisme, dan menjaga kesehatan anggota badan. Sehingga dengan kondisi kekebalan tubuh yang baik maka penyakit tidak akan mudah menyerang. Oleh sebab itu, luangkanlah waktu 30 menit untuk berolahraga dalam sehari.

4. Istirahat Cukup
Dengan istirahat yang cukup, dapat membantu mengoptimalkan fungsi imunitas pada tubuh. Daya tahan tubuh akan meningkat. Selain itu, istirahat juga dapat mengontrol stress, hati, pikiran dan masalah sejenak.

5. Konsumsi Suplemen Bila Perlu
Suplemen multivitamin dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, karena dapat mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Serta dapat memelihara fungsi organ dan daya tahan tubuh.

6. Banyak Minum Air Putih
Air putih bermanfaat untuk kesehatan terutama dalam menjaga keseimbangan tubuh, membantu mengeluarkan racun dan meningkatkan energi. Jadi jangan lupa siapkan air mineral, terutama saat beraktivitas ketika terjadi perubahan cuaca yang ekstrem.

***

Semoga bermanfaat ❤

rumahmediagrup/arsdiani