6 Trik Menangkal Writer’s Block

6 Trik Menangkal Writer’s Block

Tiba-tiba saja saat menghadapi laptop, kita hanya terpaku menatap layar dengan pandangan kosong,  tidak tahu harus menulis apa atau memulai darimana. Padahal deadline tulisan sudah semakin dekat. Bukannya mendapat ide segar, yang ada malah pikiran mendadak buntu.

Pernah merasakan ketika banyak waktu untuk menulis, namun malah tidak mendapat ide yang bisa dituangkan ke dalam bentuk tulisan akibat terlalu banyak tekanan dan tuntutan seputar menulis? Itulah yang dinamakan dengan writer’s block. Ada beberapa cara untuk menyiasatinya :

  1. Berhenti sejenak dari rutinitas menulis.

Jangan memaksakan diri untuk terus menulis. Tutup dan matikan dulu laptop untuk beberapa saat. Lakukan aktivitas lain yang tidak ada hubungannya dengan menulis untuk beberapa saat.

2. Lakukan kegiatan relaksasi.

Misalkan dengan melakukan senam, mendengarkan musik, bermeditasi dan lain-lain. Tenangkan pikiran sebisa mungkin. Ide bisa saja muncul secara tiba-tiba tanpa terduga

3. Makan kudapan mengandung coklat atau minum coklat.

Coklat memiliki kandungan yang mampu membuat otak menjadi rileks, dan menekan tingkat stres yang dialami oleh tubuh. Untuk mendapatan hasil yang maksimal, jangan campur dengan pemanis dan konsumsi coklat yang berasal dari jenis coklat cocoa.

4. Bersosialisasi.

Ngobrol santai dengan keluarga atau tetangga terdekat, ketemuan dengan sahabat atau teman lama. Bercanda ringan dengan mereka. Siapa tahu dari hal-hal yang diobrolkan, tiba-tiba saja kita mendapatkan ide segar? Bila iya, segera tulis dan jangan ditunda-tunda lagi.

5. Baca ulang buku atau tulisan kita.

Buka dan baca kembali koleksi karya tulis yang sudah dibuat. Dengan membaca-baca kembali, mungkin saja semangat kita kembali muncul dan kembali terpacu untuk menyelesaikan tulisan yang sedang digarap. Ide kadang bias muncul tiba-tiba, loh.

6. Hindari mepet deadline.

Yang paling sering dilakukan kebanyakan penulis adalah mepet deadline. Hal ini merupakan kebiasaan buruk. Kecemasan, dan kepanikan yang muncul karena teringat deadline akan membuat pikiran semakin buntu dan sulit untuk menangkap ide. Kalaupun bisa menulis, biasanya hasilnya juga kurang maksimal dan seadanya saja.

Bila sudah kembali mendapatkan ide atau bahan untuk menulis, segera eksekusi ya? Jangan terlalu lama berhenti menulis, sebab bila sudah terlalu lama berhenti justru akan semakin sulit untuk memulai menulis kembali. Selamat menulis.

***

rumahmediagrup/rheailhamnurjanah