7 hal penting untuk menghadapi gempa

7 hal penting untuk menghadapi gempa

Ya Allah, baru saja Dewi mendapat kabar dari sahabat terjadi gempa di Bandung. Info ini juga relevan dari twitter @infoBMKG yaitu gempa bumi pada hari Kamis (19/12/2019) terjadi pada pukul 16:59:55 WIB.

Pusat gempa berada di darat 15 km Barat Daya Kabupaten Bandung Jawa Barat dengan kedalaman 10 km. Gempa dirasakan (MMI) I-II Pangalengan (tribunnews.com).

Menurut BMKG MMI I-II adalah sebagai berikut:

MMI I: Getaran gempa tidak dapat dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang.

MMI II: Getaran atau goncangan gempa dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung seperti lampu gantung bergoyang.

Lalu apa yang harus kita lakukan saat terjadi gempa?

1. Tidak Panik

Saat gempa terjadi, berusahalah untuk tetap tenang. Dengan cara menarik napas sedalam-dalamnya, lalu lihatlah keadaan sekitar. Pilihlah tempat yang aman untuk berlindung.

2. Di dalam rumah

Jika pada saat gempa sedang berada di dalam rumah, berusahalah menyelamatkan diri dengan berlindung di bawah meja adalah tempat terbaik untuk melindungi diri dari benda-benda yang berjatuhan akibat gempa. Lindungi kepala dengan benda empuk, misalnya bantal, helm, papan, atau yang paling praktis kamu bisa menggunakan kedua tangan dengan posisi tertelungkup.

3. Di luar ruangan

Jika pada saat gempa terjadi kamu sedang berada di luar ruangan, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah bergerak menjauhi gedung dan tiang lantas. Pergilah menuju daerah terbuka, karena biasanya setelah gempa pertama akan terjadi gempa susulan.

4. Di kerumunan

Jika saat itu kamu sedang berada di kerumunan, biasanya akan terjadi kepanikan. Untuk mengindari hal tersebut. kamu bisa perhatikan arahan petugas penyelamat dan usahakan langsung menuju ke tangga darurat untuk menuju ke daerah terbuka.

5. Di gunung atau dataran tinggi

Jika gempa terjadi saat kamu sedang berada di gunung, bergeraklah menuju daerah lapang untuk berlindung. Hindari daerah dekat lereng karena ada kemungkinan akan menimbulkan longsor dan mengancam keselamatan jiwa.

6. Di laut

Gempa di bawah laut bisa menimbulkan gelombang tsunami. Jika gempa itu terjadi, bergeraklah ke dataran yang lebih tinggi.

7. Di dalam kendaraan

Bagi yang sedang melakukan perjalanan saat terjadi gempa, berpeganglah erat agar tak terjatuh. Berhentilah di tempat yang lapang dan berhentilah di sana.

Semoga kita selalu dalam lindungan Allah dan dijauhkan dari musibah ya. Amin.

Salam,

Dewi Adikara

Referensi:

Sinatrya. 2019. BMKG Catat Gempa M 3,0 Guncang Kabupaten Bandung Jawa Barat, Dirasakan hingga Pangalengan. Tribunnews.com diakses 19 desember 2019.

Rumahmediagrup/DewiAdikara

3 comments

Comments are closed.