LARINYA SEBUAH KESEMPATAN

Larinya Sebuah Kesempatan

Waktu seperti bilah pedang. Akan menebas dengan tajamnya jika tidak waspada. Mohonkan perlindunganNya agar senantiasa dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Menjauhkan diri dari kelalaian karena menunda.

Pernahkah berada pada situasi yang menghendaki kita berbuat sesuatu yang sudah ditentukan target pencapaiannya, sementara tugas lain masih setia menunggu untuk diselesaikan. Sepertinya ingin meminta tambahan perpanjangan waktu padaNya. Padahal jelas nyata, jatah kita terhadap waktu hanya dua puluh empat jam perhari.

Mengubah tantangan menjadi peluang. Tentulah itu satu paradigma yang sangat baik untuk diaplikasikan. Namun nyatanya hal tersebut tidak semudah seperti membalik telapak tangan. Perlu upaya lebih untuk mewujudkannya.

Peluang atau kesempatan akan berlari menjauh jika tidak digenggam. Kesempatan ada untuk ditangkap dan dimanfaatkan. Jangan menyerah ketika ternyata terasa sulit untuk dicapai. KuasaNya melebihi segala sesuatu, jika kesempatan itu baik untuk kita, keridaanNya akan membimbing kita untuk meraihnya.

Ada cara untuk kita mengambil atau mempertahankan kesempatan baik yang kita miliki. Salah satunya dengan mengasah ketahan Malangan yang ada dalam diri kita. Apa saja yang menjadi indikator ketahan Malangan itu, yuk simak disini.

Indikator pertama adalah perilaku individu yang memiliki control yaitu kemampuan untuk mengenali, mengendalikan diri atau kemampuan mengelola situasi buruk yang terjadi baik di bidang ekonomi, sosial atau bidang lainnya.

Indikator kedua adalah perilaku individu yang memiliki origin ownership yaitu kemampuan mengenali sumber masalah, mampu bertanggung jawab, dan mampu memperbaiki dan menyelesaikan masalah yang terjadi di bidangnya.

Indikator ketiga adalah perilaku individu yang memiliki reach yaitu kemampuan menganalisa dampak permasalahan dan memberikan batasan dari dampak masalah yang di hadapi.

Indikator keempat adalah perilaku individu endurance yaitu kemampuan cara pandang positif terhadap penyelesaian masalah, tingkat optimisme dan kemampuan menyelesaikan masalah.

Begitulah keempat indikator dengan kekhasannya. Merupakan cara kita untuk meraih kesempatan. Agar kesempatan tidak lari menjauh dari kita.

rumahmediagrup/anisahsaleh

Pixabayphoto