Ada Apa di Rapat Kerja ?

Semester ganjil telah usai. Ditandai dengan pembagian evaluasi hasil belajar siswa kepada orangtua siswa. Selama kurang lebih enam bulan proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Pemberian materi, evaluasi berupa formatif dan pemberian tugas, praktik dan kuis telah dilakukan. Rekapitulasi nilai dari beberapa mata pelajaran kemudian dibuatlah menjadi laporan hasil belajar yang sering disebut juga raport.

Siswa akan libur semester setelah pembagian raport. Sementara guru akan langsung mengadakan rapat kerja. Raker dilakukan untuk merencanakan dan mempersiapkan pembelajaran di semester berikutnya.

Dalam pelaksanaan raker biasanya kami, guru tak hanya mengerjakan administrasi saja namun ada pelatihan yang diberikan kepada guru. Dengan tujuan salah satunya adalah meng up grade kemampuan guru.

Tidak hanya siswa saja yang belajar. Kemajuan ilmu dan teknologi mengharuskan guru untuk selalu belajar untuk menambah pengetahuan dalam teknik belajar mengajar. Salah satunya adalah pentingnya mengetahui tahap perkembangan siswa agar guru dapat membaca sikap dan karakter siswa.

Menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi siswa di sekolah. Memberi solusi dan senantiasa memantau perkembangan siswa. Tidak hanya perkembangan akademik namun perkembangan karakter siswa juga sama pentingnya.

Berbagi informasi tentang siswa kepada guru yang akan mengajar di kelas berikutnya diperlukan. Agar guru di level berikutnya dapat melanjutkan pendampingan belajar kepada siswa yang bermasalah dengan benar dan tepat.

***

Jadi dalam Rapat Kerja di sekolah saya guru tak hanya dituntut menyelesaikan administrasi untuk semester berikutnya saja. Namun kemampuan guru harus bertambah agar tak terlindas dengan kemajuan ilmu dan teknologi.

Sumber gambar : Koleksi pribadi

rumahmediagrup/ She’scafajar