Bikin Kudapan Bolu Pisang, Yuk.

Seperti di jaman masihan usia anak sekolahan, pasti pernah mempraktekan memasak menu hidangan yang mudah dibuat.

Nah kali ini, saya ingin berbagi tips ya. Tentang membuat Bolu Pisang. Pasti sudah pada kenal kan? Bagaimana enak dan nikmatnya kudapan ini.

Kebetulan pisang yang saya pakai adalah pisang ambon lumut, yang banyak dijumpai di Pasar Tradisional atau di Super Market. Manis rasanya ketika sudah matang.

Saya ada ide membuat bolu, ketika pisang ambon lumut sudah cukup matang. Tersimpan di piring di atas meja makan. Enak pastinya, jika kita mengolahnya dengan cinta.

Oke, bahannya cukup mudah or simple ya. Apalagi saya hanya menggunakan magic com dalam proses membakarnya. Karena kebetulan oven sudah tersimpan lama di atap Toko. Males jiga harus ribet mengambilnya.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Pisang. (boleh Pisang apa saja sesuai selera, yang panting manis dan matang ya.
  2. Tepung terigu kurang lebih 250 gram, bagaimana secocoknya hati saja. Dengan mengukur kehalusan ketika sudah tercampur semua bahan.
  3. Minyak sayur secukupnya (12-15 sendok makan), atau bisa juga dengan margarine yang sudah kita cairkan terlebih dahulu.
  4. Vanilla
  5. TBM dan soda kue secukupnya saja. Semoga bolu mengembang sempurna. Karena pada tahapan ini terkadang kegagalan siap menghadang. Jangan putus asa ya. Teruslah saja mencoba, pasti berhasil. Aamiin.
  6. Gula pasir (12-15 sendok saja).
  7. Telur ayam (1-4 butir, sesuai keinginan saja ya) kalau saya untuk menghemat, cukup 1-2 butir telur saja.

Cara membuatnya juga sangat mudah :

  1. Pertama-tama karena kebetulan mixer saya mengalami sakit yang cukup parah, sehingga tidak bisa saya gunakan. Maka saya menggunakan Blender listrik untuk mengganti posisi tangan mengaduknya. Karena di sinilah awal penting agar bolu pisan mengembang sempurna.
  2. Mixer telur dan gula sekaligus secara kekuatan super. Kalau mampu gunakan kocokan dengan olah raga tangan kita, dalam mengocoknya. Harus sampai kelihatan putih dan mengembang ya.
  3. Setelah proses itu selesai. Sisihkan.
  4. Haluskan Pisang yang akan dijadikan campuran bolu.
  5. Karena saya menggunakan margarine yang sudah dicairkan, maka agar lebih simple dan mudah, Pisang dipotong kecil untuk selanjutnya di Blender bersama margarine cair tadi. Sampai halus.
  6. Campurkan bahan pertama dengan Pisang yang telah di Blender bersama margarine atau minyak sayur.
  7. Setelah tercampur, barulah masukan semua bahan kedalam takaran magic com untuk nasi.
  8. Jangan lupa lumuri dulu dengan margarin dan tepung terigu secara full tertutupi. Agar mudah mengeluarkan setelah matang.
  9. Masak dengan 2-3 kali menekan cook pada magic com. Karena biasanya hanya cukup beberapa menit masak setiap satu kali menekan cook. Kemudian keluarkan Bolu ke alas kue atau piring.
  10. Bolu siap disantap. Sebelumnya boleh diberi topping kesukaan kita ya…

Selamat mencoba ya. Resep yang di dapat dari google search inipun ditambah atau dikurangi takaran sesuai kemampuan dan keinginan kita.

Tetap semangat menyebarkan sehat ya.!

Rumah Media Kita / Allys Setia Mulyati

Foto : dokumentasi pribadi