Air Nabeez – Manfaat dan Cara Membuatnya

Air Nabeez – Manfaat dan Cara Membuatnya

Infused water yang menjadi tren minuman kesehatan kekinian, ternyata sudah dikenal sejak zaman Rasulullah SAW. Air rendaman kurma bahkan menjadi minuman kesukaan Rasulullah. Beliau biasa mengonsumsi air nabeez, sejenis infused water (air rendaman) yang menggunakan kurma.

Buah kurma sudah menjadi menu sajian khas saat bulan Ramadan. Kurma dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, selain buahnya yang dikonsumsi secara langsung, ternyata sejak zaman dahulu kala Rasulullah juga sudah rutin minum air rendaman kurma.

Dengan membuat air nabeez, maka nutrisi dari buah kurma akan keluar dan bercampur dengan air matang selama didiamkan semalaman. Ini adalah proses difusi osmosis yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi, maksimalkan manfaat air nabeez dengan mengonsumsinya tak hanya saat sahur selama berpuasa saja, tapi juga untuk dikonsumsi sehari-hari.

Air nabeez memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, yaitu :

  1. Sebagai sumber energi
    Air nabeez sangat baik dikonsumsi saat sahur sebelum puasa, karena air rendaman kurma ini dapat menjadi sumber energi yang membuat tubuh kuat menjalani puasa seharian.
  2. Baik untuk pencernaan
    Air nabeez bersifat alkali atau basa, sehingga dapat mengurangi kadar asam di dalam perut. Itu sebabnya air nabeez bisa dikonsumsi siapa saja, termasuk mereka yang memiliki gangguan fungsi lambung maupun yang sistem pencernaannya sensitif.
    Kandungan serat yang tinggi dalam kurma dapat mengatasi konstipasi atau sembelit. Jika dikonsumsi secara teratur, air nabeez dapat membantu proses ekskresi dari saluran pencernaan menjadi lebih lancar.
  3. Membantu proses detoksifikasi tubuh
    Dengan sifatnya yang alkali, minuman ini bisa membantu menyeimbangkan kandungan asam dalam tubuh. Sangat baik untuk membantu proses detoksifikasi dengan membuang racun-racun dari dalam tubuh. Manfaat ini sama seperti pada infused water lain yang terbuat dari buah seperti lemon, stroberi, atau timun.
  4. Mengandung antioksidan
    Kurma mengandung antioksidan tinggi dan dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Kadar antioksidan dalam air nabeez juga mengurangi risiko terkena alzheimer, dengan meningkatkan ketajaman pikiran.
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Kandungan gizi yang terdapat di dalam air rendaman kurma ini sangat beragam, salah satunya zat besi. Fungsi zat besi untuk tubuh adalah untuk membantu menjaga kestabilan metabolisme protein, menjaga produksi hemoglobin dan sel darah merah, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Minum air rendaman kurma secara rutin akan membantu melindungi tubuh kita dari berbagai serangan penyakit berbahaya.
  6. Sangat baik untuk ibu hamil dan ibu menyusui
    Kurma memiliki kandungan yang dipercaya bisa memperkuat otot-otot rahim, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Nutrisi dalam kurma juga baik untuk memperkaya kualitas ASI. Jadi, para ibu menyusui juga dianjurkan untuk mengonsumsi air rendaman kurma ini selama menjalankan ibadah puasa.

Cara pembuatan air nabeez sangat mudah :

  1. Tuangkan air matang ke dalam wadah
  2. Siapkan buah kurma, disarankan berjumlah ganjil
  3. Masukkan kurma yang sudah dibuang bijinya dan dicarik-carik daging buahnya
  4. Tutup wadah yang sudah dimasukkan kurma
  5. Diamkan selama 8-12 jam
  6. Air nabeez siap dinikmati

Nah, selamat mencoba. Semoga bermanfaat 😊

rumahmediagrup/arsdiani

4 comments

Comments are closed.