Al Ghuraba

Al Ghuraba

Rasulullah dengan kesempurnaan akhlak yang tiada tanding masih ada saja yang membenci ketika menyampaikan kebenaran. Apalagi kita manusia yang tak akan sebanding dengan beliau. Kebenaran menjadi sesuatu yang salah, namun yang salah justru melenggang santai dipanggung kehidupan, inilah masanya kebenaran menjadi asing.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Islam muncul dalam keadaan asing dan akan kembali terasing sebagaimana mulainya, maka berbahagialah orang-orang yang terasing.” Lalu sahabat bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai ghuraba, lalu beliau menjawab, “ Ghuraba atau orang yang terasing adalah mereka yang memperbaiki manusia ketika rusak.” (HR. Ahmad 4: 74)

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al’Ash, Ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Beruntunglah orang-orang terasing.” “Lalu siapa orang yang terasing wahai Rasulullah,” Tanya sahabat. Jawab beliau, “Orang-orang shalih yang berada di tengah banyaknya orang-orang yang jelek, lalu orang yang mendurhakaianya lebih banyak dari pada yang mentaatinya” (HR. Ahmad 2: 177)

Tak mudah menyampaikan kebenaran, karena pembenci kebenaran akan selalu mengelilinginya. Namun tetaplah tebar kebenaran itu, karena masanya hanya sebentar, sampai Allah panggil untuk kembali pulang.

Jika lelah, ingatlah untuk apa sesunggguhnya Allah ciptakan kita, bukankah hanya untuk mengabdi kepadaNya? Duduk tersungkur dibawah temaran redup, air mata jatuh karena luka sudut hati kian menganga. Jari-jemari rapuh coba menyentuh sajadah menumpahkan air mata luka. Perlahan suara lirih membisikan kata demi kata yang terangkai menjadi kalimat, pertanda jiwa rapuh yang tak mampu jika tak memiliki sandaran.

Manusia lemah terbatas membuktikan Ia butuh kekuatan besar untuk menyangganya mampu melangkah. Namun kesabaran dalam meniti jalan perjuangan tak akan pernah mudah namun akan berbuah indah.   Lari karena takut menyampaikan kebenaran hanyalah kekalahan yang belum teruji. Jadi sampaikan saja meski berat, karena hakikatnya Allah lah tempat kita meminta perlindungan.  

rumahmediagrup/firafaradillah