Allah Begitu Dekat

Rasanya gimana sih, kalau lihat pedagang asongan yang sudah lanjut usia dan masih bersemangat menjajakan barang dagangannya? Jika kamu memiliki hati yang sensitif, rasanya kayak ditampar. Banyak pelajaran yang mendadak bisa kamu lihat dari kehidupan pedagang asongan lanjut usia itu.

Mulai dari bagaimana mereka masih berjuang untuk kehidupan hingga bagaimana kisah mereka sampai masih berjualan di usia senja. Rasa penasaran memaksa kita untuk membentuk sebuah pandangan iba terhadap mereka. Mau nggak mau kamu akan merogoh saku untuk membeli dagangan bapak atau ibu tersebut meskipun ketika mereka telah pergi kamu baru sadar kalau kamu sebenernya nggak butuh.

Iya nggak siih, apa yang dipaparkan tadi benar atau nggak? Apa yang akan kamu lakukan? Pasti samakan?
“sesungguhkan  Allah telah menetapkan perbuatan baik (ihsan) atas segala sesuatu.  Jika kalian membunuh maka berlakulah baik dalam hal tersebut. Jika kalian menyembelih berlakulah baik dalam hal itu, hendaklah kalian mengasah pisaunya dan menyenangkan hewan sembelihannya.” (HR. Muslim)

Pernah juga kamu merasa ketika ekonomi terpuruk, tiba-tiba ada teman, saudara bahkan keluarga kita membutuhkan bantuanmu, padahal kamu sendiri dalam kondisi serba kekurangan. Apa yang akan kamu lakukan? Bantulah, jagalah saudaramu suatu saat Allah akan menjagamu.

Sesuai dengan hadist ke-19 mengenai Pertolongan dan Perlindungan Allah
Dari Abu Al-Abbas Abdullah bin Abbas, beliau berkata: Suatu saat saya berada di belakang Nabi SAW. Maka beliau bersabda: “Wahai Ananda, saya akan mengajarkan kepadamu beberapa perkara: Jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu, Jagalah Allah niscaya Dia akan selalu berada di hadapanmu. Jika kamu meminta, mintalah kepada Allah, jika kamu memohon pertolongan, mohonlah pertolongan kepada Allah. Ketahuilah sesungguhnya jika semua umat berkumpul untuk mendatangkan manfaat kepadamu atas sesuatu, mereka tidak akan dapat memberikan manfaat sedikitpun kecuali apa yang telah Allah tetapkan bagimu, dan jika mereka berkumpul untuk mencelakakanmu atas sesuatu, niscaya mereka tidak akan mencelakakanmu kecuali kecelakaan yang telah Allah tetapkan bagimu. Pena telah diangkat dan lembaran telah kering.” (Riwayat At-Tirmidzi dan dia berkata : Hadistnya Hasan Shalih).

Dalam sebuah riwayat selain At-Tirmidzi dikatakan: Jagalah Allah, niscaya engkau akan mendapatkan-Nya di depanmu. Kenalilah Allah di waktu senggang niscaya Dia akan mengenalmu di waktu susah. Ketahuilah bahwa apa yang ditetapkan luput darimu tidaklah akan menimpamu dan apa yang ditetapkan akan menimpamu tidak akan luput darimu, ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran dan kemudahan bersama kesulitan dan kesulitan bersama kemudahan).

Wallahu A’lam Bishawab

rumahmediagrup/suratmisupriyadi