Anak Baik

::Anak Yang Baik::

Apa sih definisi anak baik itu?

Atau sering kita berdoa, agar anak-anak dijadikan anak yang sholih-sholihah.

Apakah anak yang sering berulah masuk kategori anak tidak sholih, tidak baik?

Ternyata bukan itu jawabannya.

Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya menjadi anak yang baik. Baik di sini biasanya masuk dalam kategori, pintar, patuh, peduli. Betul apa betul? (Silakan jawab masing-masing)

Pintar di sekolah, jadi juara kelas atau juara dalam bidang lain. Patuh dalam hal taat pada perintah orang tua, tidak melawan. Peduli artinya berkasih-sayang dengan saudara, berbagi kepada sesama, ringan tangan membantu pekerjaan rumah, dan lain-lain.

Namun, sudahkah kita sebagai orangtua memberi contoh seperti yang kita inginkan?

Sebenarnya sebagai orangtua tak perlu sulit membuat anak menjadi baik. Ingin anak yang gemar membaca, orangtuanya ya harus suka membaca, ingin anaknya peduli sesama, tentu orangtuanya senantiasa ringan tangan dalam menolong. Ingin anak taat beribadah, orangtualah yang harus memberi teladan lebih dahulu.

Jangan menuntut anak melakukan kebaikan, jika orangtua tak pernah melakukannya. Lihatlah diri kita, maka kita akan melihat gambaran diri kita dalam diri anak.

Betul setiap anak memiliki takdirnya sendiri. Namun orangtua memiliki kewajiban mendidik, terutama tentang agamanya. Selain itu, Tuhan sudah menjaminnya.

Rezeki, setiap makhluk pasti memiliki rezekinya masing-masing. Tidak ada makhlukNya yang tidak kebagian rezeki. Namun agama, tak ada jaminannya. Maka orangtua diamanahkan anak untuk dididik agamanya. Jika baik agamanya, maka baik pula diri anak.

Orang yang baik pemahaman agamanya, tentu baik pula dalam pengamalannya.

Sekarang, pilihan kembali kepada orangtua, ingin anak-anaknya baik atau membiarkan anak tumbuh sendiri tanpa teladan orang tua?

Tentu kita tidak ingin menjadi orangtua yang durhaka bukan?!

Selamat berlomba dalam kebaikan. Selamat memberi teladan baik kepada generasi penerus. Selamat menjadi manusia-manusia yang beragama bukan sekadar tahu agama.

Salam wa rahmah.

*Menulis adalah cara saya menasehati diri.

rumahmediagroup/afafaulia18