Anak Kecanduan Gadget? Alihkan dengan Aktivitas Ini!

Anak Kecanduan Gadget? Alihkan dengan Aktivitas Ini

Orang tua “zaman now” banyak yang sudah memberikan akses ke gadget pada anak terlalu dini, bahkan sejak usia batita, padahal di usia tersebut sangat tidak dianjurkan paparan screen time apalagi tanpa didampingi orang tua.

Awalnya alasan memberikan gadget adalah supaya anak anteng dan tidak mengganggu aktivitas orang tua. Namun lama kelamaan, gadget justru sebaliknya, menguasai sang anak. Membuatnya lupa waktu, bahkan menimbulkan masalah yang lebih serius seperti keterlambatan berbicara akibat kurangnya stimulasi komunikasi anak dengan lingkungan sekitarnya.

Apa yang bisa dilakukan agar anak tidak mengalami ketergantungan pada gadget?

Ada beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan agar anak tidak ketergantungan dengan gadget, seperti :

1️. Bermain Air💧

Ajak anak untuk berenang, bermain hujan-hujanan ketika waktunya tiba, dan kegiatan main air lainnya yang bisa dilakukan dari rumah.

Ajak anak membantu Ayah-Bunda melakukan pekerjaan sehari-hari seperti menyiram tanaman. Selain merasa senang karena bisa bermain air, hal ini bisa menumbuhkan kebiasaan suka menolong dan kegemaran melakukan pekerjaan rumah pada diri anak.

2️. Olahraga 🏃‍

Seperti yang diketahui bersama, aktivitas olahraga ini adalah aktivitas yang akan membuat badan menjadi sehat dan kuat. Alangkah baiknya bila aktivitas tersebut pun dilakukan bersama buah hati tercinta, misalnya seperti bermain bola basket, sepak bola, lari, jalan kaki, bermain lompat tali dan lain sebagainya.

Buat permainan yang menyenangkan seperti kejar-kejaran dengan berpura-pura berperan menjadi polisi dan pemburu misalnya, sehingga anak menikmati aktivitas olahraganya yang dibalut dalam sebuah permainan.

3️. Playdate bersama Rekan-Rekannya 👭

Bermain bersama anak-anak seusianya tentu akan sangat baik dan bermanfaat. Ia akan bisa bersosialisasi, dan juga belajar berbagi dengan rekan-rekannya.

Dampingi anak saat bermain. Selain bisa lebih mengenal teman-teman bermainnya, kita juga bisa mengajak ngobrol anak tentang aktivitas bermainnya, untuk lebih meningkatkan bonding dengan anak serta membiasakan anak bercerita dan bersikap terbuka pada orang tuanya.

4️. Membaca Buku yang Sesuai dengan Usianya 📚

Saat ini banyak tersedia buku-buku anak yang memiliki konsep menarik baik dari bentuk maupun ceritanya.

Ayah-Bunda bisa memilih buku sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak pada usianya. Luangkan waktu untuk membacakan buku pada anak, bangun kedekatan melalui aktivitas ini.

Dari buku, segala informasi bisa anak dapatkan dengan mudah, dan hal ini sebagai cara untuk menumbuhkan minat baca pada anak.

Jangan lupa, luangkan waktu untuk anak, bermainlah bersamanya.
Jadikan anak dan keluarga sebagai prioritas waktu kita, jangan dibalik hingga menjadikan pekerjaan sebagai prioritas utama dan mengesampingkan keluarga.

rumahmediagrup/arsdiani