Anugerah Rezeki

Anugerah Rezeki

Sebelumnya saya merasa kalau kehidupan ini sangatlah indah, dan memang benar adanya. Tetapi kehidupan ini jangan sampai membuat kita terlena melupakan sesuatu. Kitapun harus bisa memahami apa yang seharusnya dilakukan sebagai seorang insan yang memiliki makna takwa.

Saya mengutip dari sebuah ayat yang memiliki arti “Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezekinya datang kepadanya melimpah ruah, dari segenap tempat, tetapi (penduduknya) mengingkari nikmat-nikmat Allah, karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan disebabkan apa yang selalu mereka perbuat.” (AN-NAHL [16])

Menurut pendapat Mubasysyiroh binti Mahrus Ali, bahwa ada beberapa hal yang bisa kita jadikan acuan dalam penghambat rezeki yang harus dijauhi.

Kita sebagai insan biasa sudah sangat merasakan bagaimana sulitnya mendapatkan rezeki yang banyak dana berkah. Tetapi kita juga sering melupakan rasa mensyukuri segala pemberianNya yang sudah pasti merupakan rezeki yang melimpah. Meski tidak dalam bentuk uang saja.

Seharusnya kita belajar menyadari kenapa kita tidak bisa mendapatkan apa yang telah didapatkan orang lain. Di sini kita harus mengkaji bahkan harus bisa memberikan pemahaman dalam hal rezeki itu sendiri.

Sebelumnya, diantara penghambat datangnya rezeki itu antara lain :
1. Syirik
2. Kufur Nikmat
3. Bakhil dan Kikir
4. Mencari Rezeki dengan cara yang Haram
5. Maksiat
6. Enggan menunaikan Zakat
7. Meninggalkan Shalat
8. Menolak Syariat Allah
9. Tidak Amanah dalam Mengelola Rezeki

Terakhir, yang paling penting kita dalam menjalani kehidupan ini harus menjaga ketakwaan kita sebagai umat beragama sehingga akan merasakan takut apabila ingin melakukan sebuah kesalahan atau pun ketidakwajaran dalam tindakan diluar, sehingga selain memberi kerugian bagi pihak lain, kita pun akan ikut rugi.

Justru kita harus bersikap lebih teliti dan memberikan banyak nilai kebaikan bagi orang lain di sekitar kita. Karena hanya dengan berbuat baiklah maka keberkahan rezeki pun akan dirasakan dalam setiap kemudahan menjalani kehidupan.

Salah satu contohnya, sekarang banyak program-program sedekah yang di pertontonkan. Dengan berbagai cara mereka menginginkan keberkahan hidup hanya dengan memberikan sedekah cuma-cuma kepada orang lain tanpa hitungan, tanpa pandang bulu. Semua Allah SWT lah yang mengatur, seberapa niat kita dalam mengelola rezeki untuk mendapatkan berkahnya.

Semoga dengan kita senantiasa mengharap ridaNya, maka dengan mudahnya Allah SWT memberikan anugerah yang banyak dalam hidup yang fana ini.

Berharap hanya mendulang berkah, dengan selalu berbagi rezeki kebaikan. Tetaplah bersedekah agar hidup meraih keanugerahanNya.

rumahmediagrup/allyssetia

One comment

Comments are closed.