Apa Boggart Terbesarmu?

Apa Boggart Terbesarmu?

Siapa yang tak tahu novel Harry Potter?
Novel keren karya J.K Rowling ini memang bagus banget.

Novel berlatar dunia sihir ini berhasil menembus best seller dunia sesaat setelah diluncurkan. Kisah yang unik, plot yang menarik serta imajinatif membuat novel ini ditunggu para penggemarnya.

Novel Harry Potter mengisahkan perjalanan hidup seorang anak, Harry, dari kelas 1 hingga kelas 7 di Hogwarts, sebuah sekolah sihir.

Ada satu part yang bikin saya terkesan. Yaitu saat Harry duduk di kelas 3, seorang guru baru mengajari dia untuk melawan monster yang bernama Boggart.

Seperti apa monster Boggart itu? Boggart adalah sejenis monster yang senang bersembunyi di tempat gelap. Dia menakut-nakuti dengan cara berubah wujud menjadi “ketakutan kita yang paling besar.”

Contohnya gini, ada satu teman Harry, Neville, yang takut banget dengan seorang guru, Profesor Snape yang galak. Makanya saat Boggart itu muncul di hadapan Neville, wujudnya adalah si Profesor Snape.

Nah, ternyata cara mengalahkan monster itu cukup unik. Dengan mantra Ridikullus yang terjemahan bebas ala saya adalah ‘konyol’ sembari membayangkan satu hal yang paling lucu, aneh, dan bikin kita tertawa.

Teman Harry, si Neville mengalahkan Boggart dengan membayangkan Profesor Snape berdandan konyol, memakai syal warna-warni, topi aneh dan menjinjing tas wanita.
Daan buum Boggart pun lenyap.

Nah, ngomong-ngomong soal Boggart, kira-kira apa Boggart terbesar kita, yang tersembunyi di sudut gelap masa lalu kita? Yang nyaman bergelung di bawah sadar kita. Dan muncul tiba-tiba saat kita terdesak.

Apapun “Boggart” itu, seperti Harry dan teman-temannya, kita juga bisa mengalahkannya. Dengan apa?
Dengan berani menghadapinya.
Dengan tawa dan kegembiraan.

Dan kita membuat monster itu lenyap dengan “menurunkan statusnya” menjadi “hanya kekonyolan biasa.” Sehingga yang tadinya tampak begitu menakutkan tak lagi seseram sebelumnya.

Itu adalah semacam “reframing”, membingkai ulang suatu hal atau peristiwa agar tidak meninggalkan efek negatif pada hidup kita selanjutnya.

Begitulah, sekelumit inspirasi dari kisah Harry Potter. Membaca novel pun tetap ada hikmah yang bisa kita ambil. Belajar dari mana saja, termasuk kisah fiksi yang kita nikmati.

rumahmediagrup/meikurnia

2 comments

Comments are closed.