Sedikit Mengenal Menopause Bagi Para Wanita

Sebenarnya menopause adalah sebuah proses khususnya bagi seorang wanita yang mulai mengalami masa penuaan.

Dimulainya masa menstruasi yang terhenti yang menandakan bahwa proses kehamilan sangat tidak mungkin dapat terjadi, meskipun segala sesuatu memang kita menyadari sudah menjadi kehendak-Nya apapun dapat terjadi diluar nalar kita.

Menurut Adysca Citra Ramadani, di Harian Republika terbitan tanggal 22 Januari 2020 di beritakan tentang masalah menopause ini. Saya tertarik untuk membaca agar mendapat pengetahuan tentangnya.

Menopause ini sudah pasti akan dialami oleh semua wanita, bahkan ternyata banyak pula yang mengalami menopause dini di jaman sekarang ini.

Kita kaum wanita kebanyakan tidak tahu sama sekali bahwa sebenarnya menopause dini ini bisa menaikan resiko kesehatan bahkan sampai tiga kali lipat.

Kebanyakan memang yang saya dengar karena belum saya alami, mereka akan mengalami kecemasan yang tak beralasan dengan proses menopause ini.

Dan hasil dari penelitian yang disampaikan oleh tim para peneliti dari University of Queensland, menunjukkan bahwa wanita apabila mengalami menopause lebih cepat dari wanita yang lainnya secara alami, maka akan berisiko beragam masalah kesehatan yang disebut multimorbiditas.

Biasanya menopause dini juga berkaitan erat dengan masalah kesehatan berbahaya wanita itu sendiri secara pribadi, disampaikan oleh Dr. Xiaolin Xu, seorang peneliti pula.

Menopause ini merupakan proses penuaan pada wanita, dan dapat terjadi ketika usia 45-55 tahun.

Namun jangan takut, karena sebetulnya para peneliti hanya menemukan hubungan antara menopause dengan kesehatan saja. Dalam arti belum bisa membuktikan bahwa menopause dini dapat meningkatkan risiko dalam masalah kesehatannya.

Pada waktu sekarang ini, tim penelitianpun sedang mengalami kerisauan itu, untuk meneliti lagi agar dapat mencegah permasalahan yang terjadi setelah masa menopause pada wanita.