Pentingnya Kerja Refrografi di Unit Organisasi Perpustakaan

Saat ini kita sudah banyak memahami tentang perpustakaan. Baik perpustakaan nasional, umum, khusus dan perpustakaan sekolah.

Dalam tulisan kali ini saya ingin sekali mencoba untuk membahas tentang unit refrografi. Sudah pasti yang belum tahu, sangat ingin mengetahui lebih dekat apa itu refrografi.

Menurut R. Boediardjo dalam BMP. PUST2249 buku yang di terbitkan Universitas Terbuka, Jakarta (2010), menyatakan bahwa refrografi di dalam struktur organisasi perpustakaan yaitu merupakan sebuah unit yang mengerjakan kebutuhan barang cetakan untuk keperluan administrasi perpustakaan tentunya, kemudian juga memperbaiki koleksi perpustakaan yang rusak, serta untuk membuat kebutuhan penting perpustakaan.

Semisal kebutuhan perpustakaan di sini yaitu membuat amplop kecil atau besar, map, kotak katalog, serta yang lainnya.

Refrografi sangat penting karena berhubungan dengan cetak-mencetak serta penjilidan. Dimana ditekankan untuk lebih mendalami tentang huruf, tinta atau warna, ilustrasi, kertas, film, tata letak dan masih banyak lagi, serta termasuk di dalamnya memperbaiki buku koleksi yang rusak.

Kesemuanya itu harus benar-benar dikuasai oleh staf yang berada di unit refrogafi dengan karakter khusus memiliki jiwa seni yang mumpuni, hati yang penuh ketertarikan akan keindahan atau keunikan untuk bisa mengerjakan pekerjaannya.

Dalam pengerjaannya diharuskan memiliki keahlian itu dari dalam dirinya sendiri, karena dituntut hasil pekerjaan yang sangat memuaskan.

Semua berhubungan dengan administrasi perpustakaan. Kita ambil saja contoh pembuatan daftar formulir menjadi anggota perpustakaan, informasi syarat-syarat untuk menjadi anggota perpustakaan, kartu anggota sampai kop surat dan keperluan lainnya.

Sebagai seorang pustakawan tentunya juga harus pandai memberikan informasi penting teraktual sesuai yang dibutuhkan masyarakat pengguna perpustakaan dengan cara menginformasikan melalu brosur, pamflet, majalah, artikel dan yang sejenisnya.

Unit refrografi ini justru memang penting agar mempermudah pengerjaan administrasi di perpustakaan itu sendiri.

Dengan kata lain segala sesuatu memang sekarang selalu dikaitkan dengan bisnis. Setidaknya dengan adanya unit refrografi biaya pembuatan, pencetakan atau kebutuhan administrasi perpustakaan dapat lebih ringan dibandingkan dengan harus bekerja sama dengan perusahaan pencetakan di luar perpustakaan.

Dalam refrografi juga berhubungan erat dengan komunikasi grafika, di mana pesan atau informasi yang dibuat dari sumber informasi lalu diracik pustakawan untuk disampaikan melalui brosur atau pamflet tadi.

Artinya secara langsung ini menggantikan seseorang, dalam hal ini pustakawan yang memberi sumber informasi untuk berbicara menyampaikan informasi kepada pihak lain melalui proses penyampaian informasi tadi, melalui media brosur atau pamflet.

Hasil dari gambar dan kata-kata dalam huruf, akan disampaikan kepada unit refrografi untuk segera dikerjakan, sesuai keinginan informasi yang akan disampaikan tadi.

Foto : dokumentasi pribadi