Awali Juangmu Dengan Bismillah

Ust.Rahmat Abdullah pernah mengatakan,
“Teguh adalah nafas pejuang kebenaran sepanjang zaman. Mereka tidak hanyut  di air, tak hangus di api dan tak melayang di udara. Tak goyah oleh tumpukan harta, kemilau tahta, dan rayuan dunia. Kiprah mereka hanya satu, tetap teguh dalam bergerak dan terus bergerak dalam keteguhan.”

Bergerak demi kebenaran artinya juga menolak segala hal yang berisi kemunafikan, sebagaimana dilontarkan oleh Soe Hok Gie,
“Saya mimpi tentang sebuah dunia dimana ulama, buruh, dan pemuda bangkit dan berkata, ‘Stop semua kemunafikan! Stop semua pembunuhan atas nama apapun.’ Tak ada lagi rasa benci pada siapapun, agama apapun, ras apapun, dan bangsa apapun. Dan melupakan perang dan kebencian, dan hanya sibuk dengan pembangunan dunia yang lebih baik.”

Perjuangan. Satu kata yang maknanya terkadang terkotak-kotak, tergantung pada tujuan para pejuangnya. Ada perjuangan berat, demi kehidupan lebih baik di akhirat. Ada juga perjuangan kadar menengah, dengan fokus pada dunia semata. Ada perjuangan receh, sekadar mendapatkan keinginan yang dengan mudah dilepeh.

Sesungguhnya, perjuangan terbaik tidak hanya dilihat dari tujuan akhir. Perjuangan terbaik justru dimulai dari awalnya. Yang receh sekalipun akan tetap bernilai bila dimulai dengan basmalah.

Sudahkah perjuangan Anda dimulai dengan nama-Nya?

rumahmediagrup/fifialfida