Bagaimana Membuat Puisi

Pasti yang muncul di pikiran kita, hanya seseorang yang punya bakat puisi yang bisa membuat puisi. Hehe… Itu salah besar.

Jika memang demikian, mengapa puisi ada di dalam buku pelajaran? Rasionya adalah bahwa siapapun bisa belajar membuat puisi. Coba lihat di buku pelajaran sekolah dasar kelas 1. Dalam buku tersebut sudah ada pelajaran puisi. Tentu saja puisi diberikan dalam bentuk pengenalan untuk dibaca dan tidak menutup kemungkinan dikembangkan agar mereka bisa mencipta.

Siswa kelas bawah kelas 1, 2 dan 3 sudah bisa loh pencipta puisi. Karena pemula dan sesuai dengan fase perolehan bahasanya, tentulah puisi yang lahir dengan menggunakan bahasa yang sederhana. Perhatikan puisi berikut.

Puisi siswa SD kelas 2

Nah, masih ragu kah untuk menulis? Jika anak bisa menulis mengapa tidak orang dewasa menulis juga.

Okay… Siap mencoba?

Kita mulai yaaa… Kita mulai dengan menentukan objek atau sasaran tulisan. Apa yang sedang ada di hadapan kita. Tuliskan dengan 1-4 kata. Misalnya, padi roboh / padi roboh karena hujan.

Nah yang ada di pikiran kita adalah batang padi patah tumbuhan tidak bisa berlanjut kehidupannya. Padi roboh sebelum panen. Petani merugi. Nafkah keluarga hilang. Petani sedih karena kebutuhan makanan, pendidikan terhambat. Ujian hidup seorang petani. Perjuangan hidup seorang petani yang tidak punya penghasilan tetap setiap bulan. Petani pasrah kepada nasib yang Tuhan tentukan untuknya.

Dari poin-poin yang sudah tertuliskan tersebut mari kita rangkai menjadi sebuah puisi.

Hujan membasahi bumi

Selamat mencoba ya…!

One comment

Comments are closed.