Belajar dari Rumah, Solusi di Tengah Pandemi

Belajar dari Rumah, Solusi di Tengah Pandemi

Oleh: Eti Nurhayati,S.S.,M.Pd

Seluruh dunia terhenyak ketika tiba-tiba Covid -19 menyerang. Di tengah-tengah situasi yang penuh kekagetan, kekhawatiran,kesedihan dan kebingungan, semua negara berusaha agar dapat menanggulanginya. Tapi ternyata sulit sekali. Wabah makin meluas, menyerang seluruh pelosok dunia, tak terkecuali negeri kita Indonesia.
Disinyalir Covid-19 masuk ke Indonesia pada bulan Januari 2020. Semakin lama semakin banyak memakan korban. Karena sampai kini belum juga ditemukan obat untuk melawan virus tersebut, maka pemerintah bekerja sama dengan pihak-pihak terkait menganjurkan masyarakat agar tetap berada di rumah masing-masing. Hal ini dimaksudkan untuk memutus mata rantai penularan covid-19 tersebut.
Semua pihak, negeri maupun swasta mengusahakan untuk para karyawannya bekerja dari rumah apabila hal itu memungkinkan. Artinya ia masih tetap bisa bekerja walaupun berada di rumah. Untuk menyikapi anjuran pemerintah ini, Mendikbud Nadiem Makarim dengan sigap mengeluarkan Surat Edaran No 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran tersebut di dalamnya mengatur pula tentang belajar dari rumah dengan pembelajaran dalam jaringan / daring.
Belajar dari rumah menjadi salah satu solusi di tengah pandemi. Terkait hal ini,Mendikbud menekankan bahwa pembelajaran dalam jaringan atau daring dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan.
Pembelajaran daring (jarak jauh) difokuskan pada peningkatan pemahaman siswa mengenai virus korona dan wabah Covid-19. Adapun aktivitas dan tugas pembelajaran dapat bervariasi antar siswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk dalam hal kesenjangan akses atau fasilitas belajar di rumah. Bukti atau produk aktivitas belajar diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru, tanpa diharuskan memberi skor atau nilai kuantitatif.
Sekarang ini, semua lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta menyelenggarakan belajar dari rumah. Siswa atau guru dapat memetik hikmah dari situasi ini.Besar harapan kita semua, semoga wabah ini segera berlalu. Aamiin Ya Robbal’aalamiin.

Sumber: https://www.kemdikbud.go.id

Keterangan: Artikel ini dimuat juga di siapbelajar.com