Berbuka dengan Es Palu Butung

Baru hari pertama puasa, ibu-ibu sudah bingung mikirin menu buka puasa. Apalagi yang punya anak kecil biar anaknya bersemangat puasanya, pasti segala cara dan keinginan anaknya dipenuhi. Eh,  coba-coba lihat isi kulkas masih ada pisang kepok yang baru diambil dari kebun. Jadi kepikiran pingin buat sendiri es palung butung khas Makassar. Teringat waktu ada kegiatan pelatihan di Makassar. Disela-sela waktu istirahat suka jalan-jalan malam sambil kuliner. Dan kebanyakan kuliner makasar itu merupakan olahan pisang.

Saya jadi pingin nyoba sendiri buat es palu butung. Kebetulan bahan – bahannya sudah ada di rumah. Yuk ! kita coba buat menu untuk buka puasa dengan membuat minumanan segar es palu  butung, bahan dan cara membuatnya  sebagai berikut :

Bahan – bahan :

5 buah pisang kepok / raja

1 liter santan

3 sdm gula pasir

1 gelas tepung beras

1 gelas air

Daun pandan

Garam secukupnya.

Sirop cocopandan

Es batu

Takaran bisa dikurangi sesuai dengan kebutuhan.

Cara membuatnya :

1. Pisang direbus terlebih dahulu. Kalau sudah masak sisihkan.

2. Campurkan santan,  gula pasir, garam,  dan daun pandan. Didihkan di atas kompor.

3. Larutkan tepung beras dengan air. Lalu masukkan ke dalam santan yang sudah mendidih. Aduk-aduk sampai mengental dan tercampur rata. Kalau sudah matang dinginkan.

Cara penyajian

Taruh es batu di dalam mangkuk. Kemudian taruh potongan pisang kepok yang sudah direbus di atas es batu.  Ambil bubur tepung,  taruh di atas potongan pisang. Kemudian siram dengan sirop cocopandan secukupnya sesuai selera.  Tak perlu lagi menambah air. Aduk dulu sebelum disantap. 

Hmmm… Segarnya . Selamat menikmati buka puasa hari ini.

18 comments

Comments are closed.