Harus Coba Pahami Hal Mendasar Jika Mau Sukses dalam Ujian Sekolah

[wpvideo 42ED8QoO]

Ketika kita ingin meniti pekerjaan atau memiliki karier bagus, tentunya harus dirunut semenjak kita mengenyam masa-masa pendidikan mulai dari SMP, SMA/SMK, ataupun bisa juga ketika menjalani masa perkuliahan di Perguruan Tinggi.

Dengan program belajar sepanjang hayat, maka kita harus mencoba melaluinya agar memiliki ilmu pengetahuan yang secara nyata dapat memberikan perubahan bagi diri untuk bisa semakin terdepan dalam segala hal yang baik. Dengan selalu melihat dan berusaha merubah pemikiran yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, dari tidak berkarier menjadi berkarier.

Ternyata sekolah adalah salah satu lingkup yang menunjang untuk proses belajar menuju perubahan ke arah baik itu, diantaranya perubahan untuk dapat diajukan layak atau tidak dalam ujian, lulus atau tidak dalam ujian sekolah.

Kita juga jangan sampai melupakan bahwa di sekolah kita harus paham akan konsep yang dibuat untuk tujuan pendidikan itu sendiri.

Karena sebenarnya keberhasilan atau sukses tidaknya dalam ujian sekolah tentu dipengaruhi oleh semangat siswa secara pribadi dalam belajar dan mempelajari ilmu pengetahuan.

Selain itu, siswa juga harus benar-benar mempunyai skill dalam menangkap makna yang diberikan terutama ketika pembelajaran berlangsung.

Ditambah dengan aktif dalam berkomunikasi terutama menanyakan hal yang sekiranya belum dimengerti secara umum, berkaitan dengan tujuan yang tentunya ingin dicapai baik kini dan nanti.

Berkomunikasi disini tentunya yang awal harus dilakukan yaitu kepada orangtua. Dengan menceritakan kondisi akan melaksanakan ujian sekaligus juga memintakan do’a dari mereka adalah utama.

Dan berusahalah untuk memberikan yang terbaik pula untuk orangtua dalam hal ini dengan meraih sukses terbaik dalam ujian sekola tentunya.

Jangan lupa, berdo’a juga adalah salah satu cara berbicara dengan Sang Pencipta, agar kita menyampaikan permohonan terkabulnya do’a diberikan kemudahan dan berhasil, sukses ujian sekolah nantinya.

Dan yang terakhir kita harus bisa memperlihatkan sikap yang bisa dipercaya, bisa diandalkan, memiliki keinginan dalam melatih diri untuk menghadapi ujian sekolah, tentu dengan mempelajari lebih mendalam soal-soal pembelajaran yang akan diujikan.

sumber : Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling ad Satuan Pendidikan Menengah Jilid III. Grasindo, Jakarta, 2010.

video : dokumentasi pribadi.