Berkebun Bersama Anak

Berkebun Bersama Anak

Waah sudah hari minggu ternyata, tapi masih bingung mau mengisi kegiatan apa bersama anak di rumah. Seringkali kegiatan hari minggu terlewatkan dengan kegiatan tanpa arah alias tidur-tidur manja. Boleh-boleh saja kok mengisi waktu minggu bersama anak hanya dengan tidur-tiduran manja.

Namun jika kita Punya ide-ide kegiatan kreatif tentunya wajib dicoba ya. Semakin beragam kegiatan yang bisa kita lakukan di hari Minggu akan semakin banyak pula semangat kebersamaan yang terkumpul antara orang tua dan anak. Anak-anak juga boleh mengusulkan kegiatan seru di hari Minggu. Anak-anak pasti bersemangat saat idenya diwujudkan dalam bentuk nyata.
Inspirasi ide kegiatan kali ini adalah berkebun bersama anak. Kegiatan ini bisa dilakukan di hari minggu dan juga di hari libur lainnya, atau bisa juga di waktu senggang.

Apa saja yang dipersiapkan saat berkebun bersama anak?.
Mari baca yang berikut ini ya :

• Kesepakan bahwa kegiatan berkebun akan dilakukan bersama, yaitu orang tua dan anak.

• Kegiatan berkebun bisa bermacam-macam. Bisa memilih kegiatan menanam, menyiram, membersihkan rumput, menata ulang taman, menebar benih dan masih banyak lagi. Kegiatan bisa dikerjakan bersamaan atau bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan waktu ya.

• Peralatan yang dipersiapkan sarung tangan, alat siram air, alat pengurai tanah, kantong plastik sebagai media tanam, pupuk, tanah, sekam, benih, masker, dan topi.

• Target kegiatan berkebun harus ditentukan. Misal kegiatan menanam 5 pot tanaman. Membersihkan rumput semua bagian taman. Kegiatan menyiram tanaman. Dengan adanya target yang jelas maka hasilnya juga akan terlihat jelas juga dan anak-anak akan merasa sangat bangga dengan hasil kerjanya.

• Memberikan penjelasan tentang manfaat dan tujuan kegiatan. Misalnya manfaat menyiram, manfaat sekam, manfaat pupuk, manfaat menyiangi rumput, mengapa memakai masker, manfaat memakai masker, manfaat memakai topi dan manfaat proses lainnya. Dengan bercerita maka anak akan tahu tujuan setiap kegiatannya.

• Tidak lupa mendokumentasikan setiap momen kebersamaan bersama anak ya, agar suatu saat anak bisa melihat kembali masa kecilnya.

Selamat menikmati kebersamaan bersama anak ya 😇.

rumahmediagrup/nikmabasyar

2 comments

  1. Dewi suka banget berkebun, dan anak-anak ikutan. Adanya mereka membuat Dewi cas cis cus mengajarkan hal-hal terkait berkebun. Tips di atas bagus bgt untuk di aplikasikan:)

Comments are closed.