Bersabarlah Kawan

Alkisah, kala mentari mulai menampakkan wajahnya di ufuk Timur, hadirlah seorang perempuan ke sebuah majelis ilmu. Seorang perempuan yang menerima amanah dari kawannya. Perempuan itu menyampaikan amanah dari kawannya namun tak diterima baik oleh orang yang menerimanya. Bahkan dia berpaling darinya dan tak mengindahkannya. Pada Akhirnya dia panggil nama kawannya dengan sedikit nada tinggi. Semua itu telah digariskan oleh Allah SWT. Cukuplah engkau sahabat bersabar dan sholat adalah kuncinya.

Setiap insan mempunyai persoalan yang berbeda-beda, tergantung bagaimana kita menghadapinya. Persoalan itu akan lebih mudah apabila kita berpikir dengan mudah, persoalan akan terasa sulit apabila kita berpikir juga dengan sulit. Allah yang memberikan segalanya. Allah yang mengatur segalanya. Bahkan daun kering jatuhpun tiada luput semua itu karena izin Allah SWT.

Tatkala insan dihadapkan dengan amanah yang diembankan, dia akan berusaha menyampaikan dan menjaga serta memastikan apakah amanah tersebut tersampaikan atau tidak.
Adakalanya ketika amanah tersebut disampaikan dan tidak diterima, layaknya cinta bertepuk sebelah tangan.
Layaknya anak bujang sedang jatuh cinta tetapi tak berbalas, layaknya gadis manis sedang mengharapkan pujaan hatinya. Namun tak kunjung hadir dalam hidupnya.
Inilah hidup, beribu cara Allah menguji hambanya.
Inilah hidup, bemacam cara Allah mengundang hambanya agar lebih dekat dengan-Nya.

Persoalan atau musibah yang Allah berikan dan dihadapkan kepada hamba-Nya itupun merupakan rasa kangen Allah kepada hamba-Nya. Agar hambanya lebih mendekatkan diri dan mengangkat kedua tangannya. Bersimpuh, bersujud memohon ampunan-Nya. Tatkala Allah tak mengharapkan hamba-Nya, cukup berikan dia kesenangan dunia, maka dia menjauh dan bahkan berpaling dari-Nya. Ya Allah jadikan hamba lebih bersabar, lebih memahami caraMu mengundangku, agar aku lebih dekat denganMu.

(jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu) Yakni dalam menjalankan perintah-Nya dan cobaan yang Dia berikan hamba-Nya. إِنَّ اللَّـهَ مَعَ الصّٰبِرِينَ (sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar) Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. — Surat Al-Baqarah Ayat 155

Referensi: https://tafsirweb.com/38659-ayat-tentang-sabar.html

Wallahu a’lam bishawab

rumahmediagrup/suratmisupriyadi