Betawi Sonoan Dikit

Bagian 2

Mahmud cuek aja. Bagi dia masalah keseleo ato salah urat itu nyang cemen. Mahmud tahu benar siapa Firman dan gimana lagunya. Firman emang anak muda nyang lumayan ganteng. Mukanya nirus, matanya rada sipit, idungnya bangir, dan rambutnya ikel. Hobinya maen sepak bola amatiran. Dan maennya lumayan hebat sih nggak kalah sama si Aliyudin Striker Persija tempo dulu. Beberapa kali Mahmud nyempetin nonton ketika kesebelasan Kampung Bulak sparing ngelawan Imola FC kesebelasan dari Jatiluhur nyang lumayan hebat. Firman salah satu pemain nyang disewa untuk memperkuat kampungnya ketika itu. Firman pemain tarkam juga. Kata orang, Firman tuh lumayan trekelan, kakinya lengket ama bola, gocekannya yahud, dan naluri bikin golnya ajib. Namun nasibnya aja nyang belon mujur hingga ampe ari gini belon dipanggil oleh PSSI sebagai pemaen Timnas. Firman ngegereng nahan sakit.

            “Ya udah, sono dah lu buka baju, meleding aja. Lu langsung rebahan dibale. Bukan cuman kakilu nyang gue urut, seluruh awaklu juga pasti pada pegel. Gue bikin minyaknya dulu…” kata Mahmud sambil usir Firman untuk sigrah pergi ke Peseban.

Firman ngeloyor sembari berjalan rada dingklik. Mahmud mencibir, “Baru segitu aja udah sombong lu, belon jadi pemain hebat kayak Lionel Messi…prêt payah luh!”.

Belum lagi Mahmud kelar nyiapin minyak urut tiba-tiba dua ponakannya ngebrubul datang kaya selaron. Siti dan Tata merangsek dan minta dialem.

            “Mang, bagi duit dong”, suara Siti cempreng.

“Tata juga, Mang”, timpal Tata gak kalah nyanter.

Dua bocah itu terus merajut dan tarik-tarik lengan Mahmud. Mahbud dibetot jadi rebutan. Mahmud keki juga, “Hus…kagak liat apa nyang mamang lagi bikin. Nanti ya botoh, sekarang mamang lagi ada pasen. Dah mendingan sono maen”, Mahmud ngebuka saku kopel dan ngambil duit “Nih, sono jajan, sarang serebu aja ya. Dah cepet sono!”, usir Mahmud setelah ngasihin duit dua rebu pada bocah-bocah kecil itu.

Tata dan Siti adalah dua keponakan Mahmud nyang paling disannyang. Kedua bocah itu penurut dan manut. Bahkan Mahmud juga banyak ngarep kalo suatu saat nanti akan mewariskan keahlian “dukunnya” pada salah satu dari kedua bocah tersebut. Makanya Mahmud mulai ngasih perhatian lebih pada mereka. Mengajari mereka mengaji, belajar silat ampe budaya Betawi nnyang nyaris luntur itu. Mahmud senang jika suatu ari nanti, anak-anak itu gede masih ngewarisin kemampuan nyang beguna dan tentu saja nggak ngelupain budaya nenek monnyang mereka. Jajanan gemplong, nasi uduk semur jengkol, kue jalabia..bikin kangen. Mahmud ngelamun barusan. Uff..kampungnya udah berobah. “Semoga aja lu lu pada bisa ngebawa warisan Betawi, Tong!”, gumam Mahmud sambil ngebawa alat urut dan ngelehod menuju Firman nyang udah rebahan seperti Kebo Bule lagi bejemur di galengan sawah.

Mahmud nyamperin Firman, dia duduk di bangku jongkok, Firman telentang. Mahmud  mulai nyari sumber urat nyang sakit di kaki Firman. Bekali-kali Firman meringis nahan rasa sakit ketika urat-urat dikaki bagian engkel nyang ngeringkel dipijat oleh Mahmud.

            “Aduuuuh…adaaaaw…sakit banget, Beh”, jerit Firman sambil kelojotan.

            “Tahan dan rasain ajah, bentar juga bae. Jamak anak lelaki mah keseleo kayak begini. Lah jaman Engkong kita mah dulu perang lawan Kompeni Belanda…”, hibur Mahmud.

            “Tapi itukan dulu, Beh. Sekarang yah sekarang. Semua sudah berubah dan semua ada jamannya, bukan begitu?”, sahut Firman.

Dan, aduuuuuuuh! Firman ngejerit lagi. kelojotan kaya diantup tawon balu. Kali ini pas ujung jempolnya nyang cantengan dipijat  Mahmud. Firman ngerasain seperti kakinya dilindes mobil glebeg. Air mata sempat ngucur dipojok-pojok matanya. Matanya rumbai. Firman nahan sakit nyang bikin idungnya ikutan meler.

            “Pelan-pelan dong, Beh! Ingat ini kaki, Beh…bukan kaki meja ketapang..”, kata Firman mencoba mengingatkan Mahmud.

            “Bawel luh, gue juga tahu. Gue kira kakilu gedebong pisang”.

Mahmud terus saja mengurut dan mengikuti jalur urat dan otot nyang kejang. Keahlian Mahmud memang tidak diragukan lagi. Waktu pertamakali diurut olehnya memang sakit dan geli-geli, tapi setelahnya badan menjadi terasa lebih ringan. Dan itu selalu dirasakan oleh Firman. Makanya dia nggak pernah kapok minta dipijat urut oleh Mahmud.

            “Gimana, udah enakan sekarang? Ntar juga bae”, tanya Mahmud kemudian.

            Firman mengangguk, dari pada benjol, padahal kakinya masih kerasa senut-senutan panting griming kaya dialirin setrum. Namun nggak lama, kemudian rasa sakit itu pelahan ilang.

            “Iya, Beh…kontan rasa sakitnya hilang”, Firman mulai gerakan sekujur tubuhnya seperti melakukan pemanasan. Kali ini sudah tidak terdengar lagi suara gemeretak urat-urat nyang pegal. “ Makasih, Beh. Untung ada Babeh, kalo enggak ada Babeh kemana lagi saya minta diurut?”, cetusnya pula sambil mulai mengenakan kaos bergambar Bang Ben.

            “Sonoh lu minta urut di Undrus ( On Rust)”, Mahmud jengkel.

            “Eh becanda lagian, Beh. Jangan diambil ati. Sorry..” rajuk Firman lagi

            “Urat lu itu gampang kena, Man. Soalnya lu kalo main pasti nggak pemanasan dulu kali ye?”, suara Mahmud lagi.

            “Kadang-kadang sih, Beh. Yah namanya juga pemain kejar tayang, Beh”, kelakar Firman lagi sambil mulai kenakan celana panjangnya.

            “Lu kira sinetron kejar tayang. Lu ada aja kalo ngomong..”, Mahmud nyengir. Mahmud mulai membereskan alat-alat kerjanya.

            “Berapa nih, Beh?”, tanya Firman sambil matanya dijulingin kadang ngeriyep.

            “Lu kayak orang baru aja sama gue. Lagu lu tuh…”, sahut Mahmud agak sewot.

            “Bukan begitu, Beh…biasanya kan gratis- free, kebetulan saya lagi punya rejeki gedean dikit, boleh dong bagi-bagi….”, kata Firman sambil keluarin dompet dari saku celana. Firman tunjukkin dompetnya nyang gendut melendung persis pantat bayi dipakein pampers. Dompetnya bengkak bejubel duit cebanan nyang masih kaku.

Mahmud ngelirik sejenak, “Benar, banyak juga tuh bocah duitnya. Dari mana yah? Mungkin…mungkin dia abis dapat persekot main bola tarkam karena kesebelasan nyang dibelanya menang. Bisa jadi…asal jangan uang hasil korupsi aja seperti Gayus”, gumam Mahmud sambil mendehem. Ehmmmm. Firman sedikit kaget, tapi dia sudah tahu bagaimana gayanya Mahmud nyang suka pura-pura tidak butuh dan jual mahal. Jaga imej kalo kata anak karang mah!

            “Gimana, Beh?”, ulang Firman lagi.

            “Gue sih dibeliin rokok juga senang, Man. Apalagi kalo ada kupinya, kue sagon ama koya, sekalian juga buat belanja gabus kering hehehe. Lagian keahlian gue ngurut juga warisan Engkong nyang secara memang buat nolong orang…”, jawab Mahmud polos.

Firman keluarin duit lima puluh rebuan, baru dan masih kaku. Duit itu masih ada baunya. Persis seperti duit nyang baru keluar dari bank. Firman ngasih duit itu pada Mahmud sambil ngucapin terima kasih. Dan…tanpa diduga Siti dan Tata datang sambil langsung tedengin tangannya lebar-lebar kepada Firman.

            “Bagi duit dong, Om…” suara mereka hampir barengan.

            “Husss…Siti…Tata…enggak boleh celamitan begitu. Bikin malu aja lu pada. Bocah kecil celutak dan minta duit, siapa nyang ajarin…”, hardik Mahmud dengan muka galak.

            “Mamang…” sahut dua boca itu kompak.

            “Hussss…”, Mahmud keki.

            “Ya udah…”, sahut Siti sambil ngeleos pergi

            “Mamang payah…”, kata Tata sambil menyusul Siti.

Firman berdiri dan menyusul kedua bocah itu. Mencegatnya.

            “Ayo sini kalian, jangan marah begitu. Siti dan Tata mau uang buat jajankan?”, tanya Firman. Kedua anak itu mengangguk. “Om akan kasih kalian uang, tapi Om ada syarat…”.

            “Apa itu Om?”, tanya Siti cepat.

            “Iya, apaan Om syaratnya?”, Tata tidak mau kalah saing.

Firman agak berjongkok dihadapan mereka, “Bibi Fatimah ada nggak dirumah? Bilangin ada Om Firman datang nih!”, kata Firman lagi.

            “Bibi Fatimah masih mondok..”, sahut Siti asal jawab.

            “Kapan dong baliknya?”, tanya Firman lagi.

            “Nggak tahu, tapi kata Ence Romlah sih minggu depan pas mau Lebaran Haji”, sahut Siti lagi.

Yes! Firman kegirangan. Memang sudah lama banget dia nggak ngeliat Fatimah, tepatnya sejak Fatimah mukim di pesantren dan tinggal dengan Cang Rohim di Komsen. Asal tahu saja, Firman sudah sejak lama demen Fatimah. Tepatnya ketika pertama ngeliat waktu ngebantuin Mahmud ngebawa baskom berisi air panas buat basuh kaki Firman nyang dulu keseleo. Waktu itu Fatimah mungkin baru kelas dua SMU. Anak gadis seusia itu sedang cantik-cantiknya. Sedang kemayu dan lugu. Ibarat mangga, dia adalah mangga mengkel. Nah, ketika tatapan pertama itulah Firman merasakan jantungnya berdebar-debar, gedebak gedebuk kaya bunyi traktor getah karet di bedeng. Fallen In Love In The First Sight. Awalnya Firman sangat takut untuk diurut, namun setelah ngelihat anak Mahmud nyang bernama Fatimah itu cantiknya nggak ketulungan, Firman jadi sering datang untuk sekadar minta diurut atau hanya pengen ketemu Fatimah. Itulah lagu Firman. Dasar Panjul! Kutu Kupret! Kadal Bintit! begitu caci maki Midin, tukang ojek nyang juga diam-diam demen Fatimah meskipun umurnya berbeda jauh, persisnya dibilang ABG Tua atau Berondong Tua. Hmm..kayak lagu dangdut aja.

            “Nih goceng buat kalian berdua. Tapi jangan jajan permen yah!”, kata Firman pada Tata dan Siti. Kedua bocah itu kegirangan. Goceng, Men! Merekapun berlarian keluar halaman dan hilang ditelan batang palm nyang tinggi menjulang. Pergi jajan ke warung Bang Namin.

            “Eh  lu, Man”, tiba-tiba suara seseorang ngejutin Firman. Nyang datang Romlah. Nyaknya Fatimah. Romlah nampak kelihatan lelah. Itu bisa dilihat dari peluh dan keringat nyang merembas disekitar dahinya.

            “Eh Nyak Romlah. Dari mana nih Nyak, pagi begini kayaknya lelah banget. Abis olahraga kali ye?”, tanya Firman kemudian.

Romlah letakin rinjing nyang dibawanya di atas bale ketapang. Sejurus kemudian dia taro pantatnya dibangku. Duduk dengan nikmat.

            “Boro-boro olahraga. Nyak abis bantuin orang lahiran, Man. Itu si Saroh bininya Midin”, kata Romlah.

            “Midin…Bang Midin nyang tukang ojek itu Nyak? Nyang ngojeknya dekat pangkalan Caman”, tanya Firman penasaran.

            “Lah iya, Midin manalagi sih dikampung ini nyang kerjanya ngojek? Pan ada juga Haji Midin, dia mah punya toko kelontong dan kebonnya juga lebar, sawahnya lega ampe untap-untap dari ujung Legok ampe kampung Rawa Bogo. Masa iya dia ngojek? Tuh barusan dia nganterin Enyak sampe ujung gang”, sahut Romlah ngejelasin.

Midin? Jadi Bang Midin nyang dulu sempat cemburu sama gue itu sudah punya bini? bathin Firman. Kalo begitu ceritanya, gue enggak ada saingan lagi dong buat dapetin Fatimah. Gue kan bujangan, pemain sepak bola lagi, he..he..he..Firman gitu lho! Hati Firman berbunga-bunga.

            “Oya, Nyak..sudah lama rasanya enggak ngelihat Fatimah…”, suara Firman parau sambil kepalanya celingak-celinguk nempo dalem rumah. Kali-kali Fatimah nongol.

            “Emang lu kagak tau yah, ari gini ketinggalan berita? Hohoy deh..!”, Romlah cekikikan. Firman kebingungan. “Fatimah tuh mondok dipesantren, Man. Yah, diakan mau nyenangin kedua hati orangtuanya. Abis Babehnya kepingin dia jadi ustadzah…”, suara Romlah terputus. Ada nada kegalauan dalam intonasi bicaranya.

            “O…begitu. Bagus banget tuh, pekerjaan mulia. Tapi, kok kedengarannya Enyak Romlah kayak kurang sreg gituh?”, tanya Firman seperti mau menyelidiki.

            “Kalo gue sih, Man…jujur nih gue ngomong sama lu. Gue kepengen ngeliat Fatimah tuh jadi suster kek, bidan atau perawat seperti nyang gue lihat di Puskesmas Kecamatan Jatiasih. Enak dilihatnya. Seragamnya putih-putih, mukanya cakep…”, Romlah melamun jauh.

            “Tapi jadi ustadzah juga kan bagus Nyak. Bahkan ustadzah juga bisa terkenal dan bisa masuk tivi lagi, seperti Mamah Dedeh ato Umi Yuyun nyang sering kita tonton kalo abis shalat subuh”, timpal Firman sedikit menghibur.

            “Nggak tau, Man. Enyak mah nurutin apa maunya Fatimah ajah”, sahut Romlah.

“Oya, apa Nyak enggak kepingin Fatimah jadi artis atau selebritis?”, tambah Firman kemudian.

            “Huss..lu lagi, Firman! Emang ada sejarahnya ngapah kalau orang kampung kayak kita begini bisa jadi artis?”, sergah Romlah nggak yakin.

            “Ah Enyak ini, jangankan jadi artis Nyak, mau jadi presiden juga bisa. Tuh lihat Barack Obama, dia juga orang kampung di Hawaii dan bisa jadi Presiden Amerika”, cerita Firman membuat Romlah lebih mengerti.

            “Yah…kita tunggu nasib ajah dah. Kalo emang rejeki Fatimah bagus, tentu dia bisa ngeraih apa nyang dia cita-citain. Kan jodoh, maut dan rejeki Tuhan nyang ngatur. Kita mah tinggal usaha dan ikhtiar doangan nyang rajin. Da ah, gue jadi ngelantur, ampe lupa mau ngaronin nasi”, cerita Romlah sambil pergi tinggalkan Firman sendirian.

Firman tersenyum. Senyum dikulum. Sebuah senyum penuh makna dan harapan.

            “Fatimah…kayaknya dia emang pantesnya ngedampingin gue deh, jadi bini gue. Guenya ganteng, Fatimahnya molek, udah pas banget kayak raja ame permaisuri…”. Shuuut…breoook! Mendadak Firman kaget ampe loncat lantaran Mahmud buang air kobokan di baskom dan ngeguyur kepala Firman. Entah disengaja Mahmud atu kaga, nyeng jelas mah Firman mandi air kobokan. Mahmud ketawa ngelumik.

            “Yah Babeh, ane udah mandi diseblokin air kobokan…rusak dah penampilan”.

            “Gue tau lu belon mandi, mangkanya gue guyang. Dah sono mandi, sekalian isiin gombangan biar luber ye…”, kata Mahmud sambil pegi ke dalem.

Firman bengong melongo. Garuk-garuk rambutnya nyang gujid, ngerindil kaya bulu domba. “Gue disuruh nimba ngisiin gombangan? Tapi ga papah deh, itung-itung ngebakal ame calon mertua hehehe…”, bathin Firman rada sogol.

Firman langsung ngegloyoh nuju sumur senggot disamping rumah Mahmud.

***

Bersambung…

Majayus Irone/Budayawan/Rumediagrup.com/Novel Budaya