Biografi

Pengertian Teks Biografi

Teks Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Di dalam biografi, disajikan sejarah hidup, pengalaman-pengalaman, sampai kisah sukses orang yang sedang diulas. Menurut pendapat dari KBBI, biografi merupakan riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Riwayat hidup yang ditulis oleh diri sendiri disebut dengan otobiografi.

Ciri-Ciri Teks Biografi

Ciri-ciri teks biografi, antara lain:

  1. Biografi mempunyai struktur baku dalam pembuatannya, meliputi orientasi, reorientasi, dan peristiwa.
  2. Isi biografi dibuat berdasarkan fakta (faktual) sesuai dengan kisah hidup tokoh yang diceritakan.
  3. Gaya penulisan biografi dibuat dalam bentuk narasi sehingga lebih menarik untuk dibaca.
  4. Terdapat kisah yang menarik dan menginspirasi dalam kehidupan tokoh biografi sehingga bisa mempengaruhi pembaca.
  5. Biografi juga berisi kondisi-kondisi yang bisa memotivasi seseorang sehingga mencontoh atau meneladani kehidupan tokoh dalam biografi tersebut.

Struktur Teks Biografi

Struktur teks biografi, antara lain:

1. Orientasi

Berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar atau pembaca. Informasi yang dimaksud berkenaan dengan ihwal siapa, kapan, di mana, dan bagaimana.

2. Peristiwa

Berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis, menurut urutan waktu, yang meliputi kejadian-kejadian utama yang dialami tokoh. Dalam bagian ini mungkin pula disertakan komentar-komentar pencerita pada beberapa bagiannya.

3. Reorientasi

Berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Bagian ini bersifat opsional, yang mungkin ada atau tidak ada di dalam teks biografi.

materi diambil dari situs pendidikanmu dan Yustinah. Bahasa Indonesia kelas x. Jakarta: Erlangga.

rumahmediagrup/suratmisupriyadi