Bolehkah Lelaki dan Wanita Bersahabat?

Oleh : Hamni Azmi

Persahabatan adalah sesuatu yang sangat indah, karena bersama sahabat kita bisa mencurahkan perasaan dan uneg-uneg kepadanya. Kalau seorang lelaki bersahabat dengan wanita bersuami atau seorang perempuan bersahabat dengan lelaki beristri, bolehkah hal ini dilakukan?

Pada dasarnya semua wanita dan lelaki yang sudah berumah tangga akan merasa kecewa dan tersakiti oleh sesuatu yang bernama “perselingkuhan”.

Selingkuh tidak melulu suami atau istri memiliki seseorang yang spesial tanpa sepengetahuan pasangan, ia bersahabat dengan lawan jenis tanpa ada batasan syariatnya.

Bagi yang masih single yang mungkin belum paham dengan perasaan seorang wanita ketika suaminya chatting an yang tidak terlalu penting dan dilakukan pada saat yang tidak tepat, tentu harus belajar untuk memahami bahwa lelaki yang jadi sahabat itu memiliki istri yang dia pilih untuk menemaninya sepanjang hidup.

Apapun alasannya tetap saja persahabatan yang terjalin sebelum atau setelah adanya pernikahan, semuanya akan berubah. Karena sesungguhnya tidak ada persahabatan dengan lawan jenis setelah adanya pernikahan.

Dalam islam pergaulan antar lawan jenis sudah diatur dengan sangat baik.

Adab-adab yang mesti diperhatikan adalah :

  1. Larangan berkhalwat di ruang chat, maupun jalan berduaan.
    Meskipun secara fisik tidak berduaan, namun berduaan di ruang chat seperti di wa, bbm, line, mesengger dan medsos lainnya adalah hal yang berbahaya.
    Dan jika setiap kali melakukan chat, segera endchat atau menghapus chat agar tidak diketahui pasangan. Tentu ini patut dipertanyakan.

Apalagi sampai jalan berduaan. Karena apabila seorang lelaki dan perempuan berduaan maka yang ketiganya adalah syeitan.

  1. Berbicara dan berbusana yang sopan
  2. Menjaga jarak
    Mengurangi intensitas pertemuan dan komunikasi yang tidak penting. Jika memang harus bertemu ajaklah pasangannya atau pasangan kita.
  3. Larangan foto berdua
    Hal yang tampak sepele namun bisa meretakkan keharmonisan rumah tangga.
  4. Hormati dan bertemanlah dengan pasangannya.

Lelaki atau perempuan yang bersahabat dengan orang yang sudah menikah, mestinya bertemanlah juga dengan pasangan mereka agar hubungan persahabatan ini tidak menjadi hubungan personal namun juga menjadi persahabatan keluarga.

Bersahabat dengan lawan jenis tidaklah dilarang namun jika persahabatan itu merusak hubungan baik dalam pernikahan itulah yang tidak benar. Karenanya mari kita bijak dalam bergaul dengan lawan jenis.

Barakallahu fiikum

07.02.2020

Rumah Media Grup / Hamni Azmi