(Bosan) Berbuat Baik

(Bosan) Berbuat Baik

Semua orang pasti pernah berbuat baik, secara sengaja maupun karena keadaan memaksa untuk berbuat baik.

Berbuat baik itu pilihan. Kita bisa saja suatu waktu enggan berbagi kebaikan dengan orang lain. Di dalam pikiran kita terbesit kata-kata, “Saya akan berbuat baik bila kamu juga memperlakukan saya dengan baik.”

Jadi kebaikan kita untuk orang lain adalah timbal balik dari yang sudah dilakukan orang lain kepada diri kita.

Ada yang berpendapat itu hal yang wajar. Namun timbul pertanyaan, “Apakah akan selalu menunggu reaksi dulu baru bereaksi?”

Sesungguhnya berbuat baik itu adalah naluri kita sebagai manusia. Terkadang kita batasi hanya karena emosi dan harga diri merasa lebih tinggi.

Berbuat baik selagi kita mampu akan lebih bermakna daripada menunggu sesuatu atau hanya sekadar balasan atas kebaikan yang diterima. 

Mulai sekarang, diri sendiri ini merubah pandangan dari “menunggu reaksi orang lain” dengan  “memperhatikan dulu orang lain” tersebut. 

Beberapa pendapat, mengemukakan manfaat berbuat baik. Ada lima yang bisa kita ambil hikmahnya, yaitu :

  1. Wujud rasa syukur

Sebagai makhluk sosial, kita yang mendapat kelebihan dalam rezeki misalnya, dapat mewujudkan rasa syukurnya dengan membantu orang yang kekurangan melalui sedekah.

  1. Memperluas pergaulan.

Orang yang kita bantu saat berbuat baik, belum tentu orang yang kita kenal dan belum tentu juga orang memiliki ekonomi rendah. Jadi berbuat baik memberi kesempatan untuk menambah teman baru dan pengalaman baru.

  1. Membuka pintu silaturahmi

Setelah mendapat teman atau relasi baru, tentu tali silaturahmi akan berusaha untuk dijaga

  1. Mengurangi stress

Tiada kebahagiaan yang lebih indah terasa saat melihat orang lain bahagia karena bantuan kita. Senyum tulus dan ucapan syukur serta terimakasih, dapat mengurangi kondisi stress. Janganlah menatap ke atas dan silau atas keberhasilan orang lain, namun saat melihat ke bawah jangan pula tenggelam dalam kesedihan atas derita sesama. 

  1. Memberi contoh teladan.

Berbuat baik bisa dicontoh oleh orang terdekat, terutama anak kita. Orang tua adalah contoh terbaik bagi anak-anaknya, maka jagalah selalu perilaku kita agar mereka juga melakukan kebaikan pula.

Demikianlah manfaat berbuat kebaikan. Jangan bosan berbuat baik karena hidup ini akan terasa nyaman dan hangat serta bermanfaat dari kebaikan yang tulus.

rumahmediagrup/hadiyatitriono