Cara Mencegah Penyebaran Covid-19 (Corona Virus Disease 2019)

Cara Mencegah Penyebaran Covid-19 (Corona Virus Disease 2019)

Saudaraku yang selalu dalam lindungan Tuhan YME. Semoga kita selalu diberikan kekuatan dalam melawan penyebaran Covid-19 (corona virus disease 2019). Yakinlah bahwa harapan yang kuat dalam diri menjadi modal utama agar kita selalu sehat.

Dalam kesempatan ini akan diuraikan langkah-langkah mencegah penyebaran Covid-19. Langkah-langkah ini dalam rangka membuat kita dan orang-orang di sekitar kita terhindar dari virus Corona. Apa saja langkah-langkah tersebut?

5 langkah penyebaran Covid-19:

1. Don’t be panic. Jangan panik terhadap pandemi Covid-19. Kepanikan akan membuat imunitas kita menurun. Imunitas yang menurun akan mudah terserang penyakit termasuk mudahnya Covid-19 masuk ke dalam tubuh. Usahakan rileks dan alihkan perhatian serta aktivitas pada hal-hal lain yang menyenangkan.

2. Stay at home. Diam di rumah sebagai langkah memutus penyebaran Covid-19. Lakukan isolasi selama 14 hari karena virus corona akan mati dalam kurun waktu tersebut. Jangan menularkan dan jangan tertular. Jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.

3. Wash hand. Selalu cuci tangan dengan air mengalir karena tangan adalah anggota tubuh yang sering menyentuh benda-benda yang juga menjadi perantara penyebaran virus corona. Lakukan protokol pembersihan virus corona jika kita terpaksa ke luar rumah. Segera membersihkan diri, berganti pakaian, dan mandi. Jangan bersentuhan dengan anggota keluarga, duduk, dan aktivitas lainnya sebelum membersihkan diri.

4. Use masker. WHO menyarankan agar kita menggunakan masker setiap hari. Masker dapat menahan 70% droplets (tetesan cairan berupa air liur ataupun ingus) yang ke luar dari mulut maupun hidung kita. Masker medis diperuntukkan bagi ketersediaan tenaga medis seperti dokter dan perawat. Kita dapat menggunakan masker kain.

5. Pray. Berdoa kepada Sang Mahakuasa menjadi hal yang utama. Ikhtiar adalah wajib kita laksanakan namun tidak lupa berdoa karena Dia Maha Berkehendak atas segala sesuatu. Kepada-Nya kita meminta dan memohon pertolongan.

Itulah 5 langkah cerdas yang perlu kita lakukan. Mungkin masih ada langkah-langkah lain yang dapat kita laksanakan agar kita dapat mencegah penyebaran Covid-19. Ayo perangi covid-19, kita pasti bisa.

rumahmediagrup/saifulamri