Cara Mengajak Anak Untuk Terbiasa Berdzikir

Cara Mengajak Anak Untuk Terbiasa Berdzikir

Cara mudah membiasakan anak-anak untuk senantiasa berdzikir. Rosulullah saw pernah suatu hari melewati Abu Hurairah Ra, yang sedang menanam pohon.

“Apakah kamu mau aku beritahukan kepadamu, tentang tanaman yang bagimu akan lebih baik dari tanaman ini?”
Abu Hurairah Ra lantas menjawab,” Tentu wahai rosulullah!”

“Ucapkanlah olehmu; Subhanallah, Alhamdulillah, laa illaha ilallah, AllahuAkbar.
Maka, disetiap bacaan itu diantaranya akan menumbuhkan satu pohon di syurga bagimu” ( HR. Ibnu majah, yg di shahihkan Syaikh Al Albani)

Jadi dengan cara menceritakan hadist ini kepada anak, bisa menjadi motivasi kita untuk membiasakan anak untuk senantiasa berdzikir, dengan tujuan agar anak terbiasa mengingat Allah & senantiasa menjaga hubungan baik dengan sang pencipta Nya.

Bisa juga dengan cara bertanya kepada putra ataupun putrinya, misalnya,
“hayooo anak-anak ummi yang sholeh/sholehah, siapa yang mau menanam pohon di syurga?Yuk kita sama sama berdzikir (sambil dihitung)
Alhamdulillah, hari ini kita sudah berdzikir 10kali, itu artinya kita sudah menanam 10 pohon. Bayangkan kalau kita rutin setiap hari berdzikir, bisa dihitung lho, jumlah pohon yang ditumbuhkan di syurga …, jadi yuk kita berlomba lomba menanam pohon di syurga sebanyak banyaknya”

InsyaAllah cara ini mudah dan ampuh, karena saya sendiri sudah membuktikannya. Ajarkan dan ajak anak-anak pada saat bermain atau berkendara dalam pejalanan pulang atau pergi dari sekolah, insyaAllah semakin lama akan terbiasa hingga kelak dewasa.

Semoga generasi sholih terus tumbuh berimbang dengan ketaatan pada Allah swt.

rumahmediagrup/lellyhapsari