Cara menyimpan file di google drive dan membagikan link-nya

Cara Menyimpan File di Google Drive dan Membagikan Link-nya

Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan hampir di semua lini kehidupan, terutama di bidang pendidikan. Guru dan murid yang biasanya bertatap muka dalam kegiatan belajar mengajar, kini pembelajaran dilakukan melalui daring (dalam jaringan). Tugas-tugas dan penilaian pun harus dikirim online, dan hal itu sangat merepotkan, termasuk juga menghabiskan banyak kuota internet dan memori ponsel.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah siswa membagikan link file sehingga guru tidak perlu men-download-nya. Bayangkan, jika guru harus men-download 300-an bahkan lebih file video yang dikirim oleh muridnya!

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat link di google drive melalui ponsel. Ponsel yang saya pakai adalah Redmi yang mungkin berbeda dengan merk lainnya, namun pada dasarnya sama saja. Dengan cara ini kita juga dapat menyimpan ribuan foto yang tersimpan di galeri ponsel ke Drive.

Sebelumnya, pastikan Anda telah memiliki akun gmail.

  1. Buka file di galeri ponsel (saya memilih video), klik kirim, lalu pilih Simpan ke Drive

2. Beri nama sesuai yang kita inginkan, lalu file di simpan ke Drive

3. Setelah selesai di-upload ke drive, pilih Bagikan Link

4. Bagikan link Drive ke tujuan, misal ke WhatsApp seseorang.

5. Selesai.

Atau, jika kita sudah menyimpan file di Drive, kita memilih video/file yang kita inginkan. Pada file tersebut, pilih tanda titik 3 di sebelah kanannya.

Kita pilih Salin Link, lalu membagikan link tersebut.

Mudah bukan? Selamat mencoba!

Cilacap, 2 April 2021
Winda Damayanti

@rumahmediagrup

Tinggalkan Balasan