Catatan Hari ini

Saya sepakat dengan beberapa pendapat tentang keteladanan. Walau harus diakui bahwa itu cukup sulit.
Contohnya ketika kita berusaha sekuat tenaga untuk mencetak generasi literat. Kitalah terlebih dahulu yang harus menunjukkannya.
Bukankah anak sekarang terlatih lebih kritis?
Nah giliran kita yang harus siap. Tatkala kita meminta anak didik kita mereviu buku, kita harus mampu memperlihatkan reviu buku kita, bila kita meminta anak didik untuk menulis puisi, maka tunjukkanlah karya kita kepadanya. Itulah yang mereka butuhkan.
Berdasarkan pengalaman, para pembelajar pemula harus diberikan contoh/ teladan.

Saya juga sepakat tentang reward.
Berikanlah apresiasi atas hasil kerja kerasnya, walaupun belum sesuai dengan target yang diharapkan. Ya… minimal dengan kata terima kasih atau pujian. Bukankah mengucapkan terima kasih dan memuji seseorang itu tidak sulit? Tambahkan juga motivasi kepadanya untuk memperbaikinya dan mencoba menulis lagi agar lebih baik di masa mendatang. Kalau toh hasil mereka sudah lebih bagus dari contoh yang kita berikan, katakan “kamu hebat, kamu luar biasa”. O ya… Kalau ada hadiah, kenapa tidak? Yakinlah pasti mereka suka dan tambah bersemangat untuk menghasilkan karya. Semakin mereka bersemangat, maka usaha kita untuk mencetak generasi literat akan berhasil.
Insya Alloh.

#IkhtiarLiterasi
#JanganLupaBerdo’a