Cinta Nabi, Cinta Syari’at

Cinta Nabi, Cinta Syari’at


Seorang Arab berkata kepada Rasulullah SAW, “Kapan hari kiamat?” Rasulullah SAW balik bertanya kepada dia, “Apa yang telah engkau siapkan untuk menghadapi hari kiamat?” dia berkata, “cinta kepada Allah dan Rasul-Nya.” Beliau bersabda, “engkau bersama dengan yang engkau cintai.” (HR. Muslim, an-Nasa’i, al-Bazzar dan Ibnu Khuzaimah)

Bagi setiap Muslim maka mencintai Rasulullah SAW adalah sebuah keniscayaan. Cinta kepada Rasulullah bukan semata-mata memperingati hari kelahirannya, membaca sholawat untuknya, tapi lebih dari itu. Apalagi, kecintaan kita terhadap Rasulullah adalah bekal bagi kita, untuk bisa masuk ke surga-Nya bersama-sama beliau dan atas syafa’at beliau.

Nah, cinta kepada Rasulullah yang seperti apa yang bisa mengantarkan kita bersama-sama menginjakkan kaki di surga-Nya? Rasulullah Muhammad SAW diutus di tengah-tengah manusia tidak dengan tangan kosong, melainkan Allah turunkan bersama beliau syari’at-syari’at (aturan-aturan) tentang kehidupan. Dari kehidupan berumah tangga sampai bernegara. Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi. Bahkan dari yang remeh sampai yang ketjeh.

Sehingga bagi siapa pun yang mengaku cinta kepada Rasulullah tapi alergi mendengar syari’at-syari’at beliau atau malah membencinya. Maka cintanya adalah cinta palsu. Orang Muslim yang mengaku mencintai Rasulullah SAW maka dia tidak akan mencintai orang-orang yang membenci ajaran Nabi. Karena cinta kepada Rasulullah SAW akan menjadi bukti cinta kepada Allah SWT, demikian pula sebaliknya. Cinta kepada Allah harus dibuktikan dengan mengikuti dan meneladani Rasulullah, dengan seluruh risalah yang beliau bawa.

Artinya, cinta kita kepada Rasulullah akan menjadikan kita sebagai individu-individu yang taat. Individu yang selalu merindukan setiap apa yang diajarkan oleh Rasulullah bisa diaplikasikan dalam semua sisi kehidupan. Sehingga tidak salah jika disimpulkan bahwa ketika kita mengaku mencintai Rasulullah maka kita harus mencintai semua syari’at yang dibawanya. Wallhu’alam.



rumahmediagrup/endahsulis1234