Mari Mencoba Untuk Bisa Meresensi Sebuah Karya

Kenapa tiba-tiba saya ingin mengulas sebuah kata syarat makna yaitu resensi. Setelah perbincangan kecil dengan salah seorang guru yang juga sama-sama mulai suka menulis.

Menurut Wikipedia ternyata kegiatan meresensi adalah suatu aktifitas dimana sesorang dengan lancar menilai atau memberikan sebuah penilaian terhadap sebuah hasil karya yang dalam hal ini bisa berupa buku, karya seni film, dan drama. Dengan cara menulis dalam bentuk laporan terperinci.

Seseorang yang dapat meresensi buku menurut saya tidak jauh dari kepandaiannya melihat sebuah hasil karya tersebut.

Kita ambil contoh membaca sebuah buku dan merangkum apa yang ada di dalam buku tersebut.

Apa inti dari isi buku tersebut. Tentu hal ini bisa juga dikatakan sesuatu hal yang mudah dilakukan atau mungkin bahkan sebaliknya akan sulit dilakukan bagi mereka yang jarang atau tidak menyukai minat dalam membaca dan memperdalam sebuah hasil karya.

Tentu yang nantinya dijadikan informasi di dalam menilai atau meresensi sebuah karya dalam hal ini sebuah isi dari buku yang kita baca, yaitu diantaranya penilaian yang di lihat dari sisi kelebihan dan kekurangan buku, kemudian pada akhirnya memberitahukan informasi tersebut kepada khalayak.

Kegiatan aktifitas meresensi ini yang sekiranya menyenangkan bahkan memberikan apresiasi bagi para peresensi buku, karena tentunya memiliki kemampuan diatas kebiasaan.

Jika diukur dalam sebuah kata, maka tidak jauh berbeda dengan mereview sebuah isi cerita atau tulisan yang ada di dalam sebuah buku.

Dengan memberikan laporan kepada pihak lain yang berkepentingan, tentang intisari dari sebuah buku tersebut semacam rangkuman penting.

Dan ternyata kegiatan ini sangat memberi peluang bisnis yang juga sangat menggiurkan, karena akan sangat diberikan apresiasi oleh pihak yang memang terkadang memiliki ide untuk memberikan semangat dapat meresensi suatu karya hebat tentunya.

Foto : dokumentasi pribadi