DIY Mainan Anak : Membuat Wayang dari Kertas

DIY Mainan Anak : Membuat Wayang dari Kertas

Menjadi seorang ibu, selain dituntut untuk mampu mendengarkan dan memahami keinginan anak, juga perlu kreatif dan penuh imajinasi. Apalagi saat mendampingi perkembangan anak usia balita yang sedang sangat bersemangat bermain, dan di saat yang bersamaan memiliki hasrat untuk belajar yang sangat besar.

Di sinilah pentingnya membuat aktivitas-aktivitas bermain sambil belajar, membuat kegiatan belajar menjadi menyenangkan. Karena itu, seorang ibu tidak boleh kehabisan ide. Nah, kali ini saya ingin berbagi sebuah ide sederhana untuk bermain bersama anak.

Membuat wayang kertas. Mudah dan menyenangkan untuk dikerjakan. Selain itu, akan melatih motorik anak dengan aktivitas mewarnai, menggunting dan menempel. Tentunya dalam pengawasan orang tua, terutama saat memotong dengan menggunakan gunting.

Ini dia langkah membuat wayang kertas :

  1. Kumpulkan bahan-bahan; buku mewarnai bergambar tokoh favorit anak, karton bekas yang ada di rumah, pensil warna atau krayon, gunting, lem.
  2. Warnai gambar yang ingin dijadikan wayang.
  3. Gunting gambar yang telah diwarnai.
  4. Gunting karton dengan ukuran menyesuaikan ukutan gambar. Fungsi karton adalah sebagai tempat pegangan untuk memainkan wayang.
  5. Tempelkan karton yang sudah digunting pada gambar yang telah dipotong. Wayang kertas pun siap dimainkan.

Wayang kertas hasil kreasi bersama anak, nantinya bisa digunakan sebagai alat untuk berkisah maupun membacakan buku cerita. Sambil menyampaikan pesan-pesan moral dan nilai-nilai kebaikan. Pesan yang disampaikan dengan cara yang menarik dan mengasyikkan akan lebih mudah diterima serta dipahami oleh anak.

Oh ya, kegiatan membuat wayang kertas ini juga bisa mengisi waktu sambil menunggu saatnya berbuka puasa. Pasti mengasyikkan dan akan mengalihkan perhatian anak dari rasa lapar. Terutama bagi anak-anak yang sedang bersemangat memulai belajar puasa Ramadan.

Baca juga : 9 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadan

Selamat berkreasi 😊

rumahmediagrup/arsdiani