Fakta Unik Air Mata dan Penyebab Wanita Lebih Mudah Mengeluarkannya Dibanding Pria

Fakta Unik Air Mata dan Penyebab Wanita Lebih Mudah Mengeluarkannya Dibanding Pria

Penyebab air mata menetes itu bisa beragam. Salah satunya adalah karena luapan emosi. Namun, apakah Anda tahu apa saja fakta unik dari air mata tersebut?

Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Air mata bahagia tidak jauh berbeda dengan air mata sedih.

Otak berhubungan dengan rangsangan emosional, seperti daerah ganglia basal dan hipotalamus. Daerah tersebut terhubung ke bagian batang otak yang disebut sebagai nukleus lakrimal yang menyebabkan produksi air mata, sehingga orang yang emosional, baik senang maupun sedih dapat mengeluarkan air mata.

2. Ada tiga jenis air mata.

Jenis air mata yang pertama adalah air mata basal. Air mata ini berada di mata kita sepanjang waktu dengan tujuan melumasi, memberi nutrisi dan melindungi mata.

Air mata yang kedua yaitu air mata refleks. Jenis air mata ini melindungi mata kita dari iritasi, seperti angin, asap atau bawang.

Jenis air mata yang ketiga yaitu air mata emosional. Air mata yang keluar karena kita mengalami emosi, baik senang, terharu maupun sedih.

3. Air mata buaya itu memang ada.

Menurut Ken Vliet, seorang peneliti di Universitas Florida menyatakan bahwa buaya benar-benar menangis. Namun, dia menangis bukan karena sedih ataupun terharu, ya. Buaya biasanya mengeluarkan air mata saat sedang makan.

Adam Britton, seorang pendiri situs web Crocodilian.com, mengatakan bahwa air mata yang keluar dari mata buaya itu memiliki fungsi yang sama dengan mata manusia yaitu untuk melumasi mata.

4. Kelenjar air mata wanita lebih besar daripada pria.

Menurut penelitian Jerman yang dilaporkan oleh The Telegraph, sesi menangis rata-rata berlangsung enam menit untuk seorang wanita dan dua hingga empat menit untuk seorang pria. Penelitian yang sama juga menemukan bahwa tangisan berubah menjadi isakan pada enam puluh lima persen kasus untuk wanita dan hanya enam persen untuk pria.

Secara biologi diketahui bahwa kelenjar air mata wanita memang lebih besar daripada pria. Selain itu, pria dapat lebih banyak menampung air mata dibandingkan wanita. Sehingga, jika jumlah air mata yang dihasilkan sama maka air mata wanita akan lebih dulu menetes dan mengalir ke pipi.

5. Air mata dapat mempengaruhi orang lain.

Air mata dapat mempengaruhi reaksi kaum pria. Hal ini terjadi karena air mata mengandung chemosignal yang dapat mengurangi kadar testosteron, sehingga membuat pria tidak suka melihat wanita menangis dan merasa tidak tertarik lagi.

6. Komponen air mata sama dengan air liur.

Air mata memiliki kesamaan dengan air liur. Keduanya memiliki kandungan garam, protein dan hormon. Namun uniknya, air mata memiliki rasa dan bau yang berbeda dengan air liur.

Itulah fakta unik dari air mata. Sekarang sudah tahu mengapa wanita lebih mudah mengeluarkan air mata dibanding pria, kan?

Semoga bermanfaat.

Sumber referensi: https://m.liputan6.com/lifestyle/read/3997622/6-fakta-unik-air-mata-yang-wajib-kamu-tahu-salah-satunya-bisa-pengaruhi-orang-lain
(Diakses 13 November 2019)

Sumber gambar: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTMbjdCQ07XlmRjW0DHwSC9Nk1OwxZZoKL1N0wgBp2vi-Sm3PMN6YLqd5q5Ag&s=10

rumahmediagrup/decirizkahayulubis