FATAMORGANA DUNIA (BAGIAN 6)

FATAMORGANA DUNIA (BAGIAN 6)

Oleh Puji Yuli

Dunia ini sementara, akherat selama lamanya. Orang kaya mati, orang miskin mati, raja raja mati, rakyat biasa mati. Itulah sepenggal syair yang mempunyai makna mendalam bagi manusia. Apalagi pada saat ini bumi nusantara diguncang bencana alam seperti bencana banjir yang mengepung Jakarta.

Kalau kita melihat bencana banjir yang terjadi pada awal tahun 2020 ini. Kita bisa berfikir bahwa Allah SWT itu Maha Pencipta dan Pengatur alam semesta ini. Sementara manusia itu makhluk yang lemah, terbatas dan butuh kepada yang lain dalam menjalani kehidupan dunia yang penuh fatamorgana.

Harusnya bencana banjir ini bisa menyadarkan manusia agar tidak bersikap sombong, angkuh dan individualis. Harusnya manusia itu memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa dan kesalahan yang telah dilakukan selama ini. Apalagi manusia yang terdampak langsung musibah banjir di wilayah Jakarta dan Lebak Banten.

Memang fatamorgana dunia itu kadang bisa menyilaukan manusia dalam menyikapi bencana alam maupun menyikapi kenikmatan dunia. Wahai saudaraku ingatlah akan syair lagu yang menyiratkan makna dunia ini sementara dan akherat selama lamanya. Hanya bekal iman, takwa dan ilmu agama yang bisa menyelamatkan manusia dalam kehidupan dunia dan akhirat .

Puji Yuli /rumahmedia