Flow, Capai Keadaan Ini Agar Maksimal Dalam Berkarya

Flow, Capai Keadaan Ini Agar Maksimal Dalam Berkarya

Flow adalah suatu keadaan terhanyut saat kita sudah tidak lagi merasakan keterpaksaan dalam melakukan sesuatu. Biasanya sesuatu yang memang disenangi. Kita akan melakukannya dengan smooth, ringan, mengalir. Jiwa ikut terlibat di dalamnya.

Entah itu memainkan alat musik, menari, melukis, atau menulis. Seperti ada alunan nyanyian merdu yang keluar dari jiwa kita. Raga bergerak tanpa perlu berpikir. Sudah otomatis.

Saat bisa berkarya dengan flow, hasilnya pasti dahsyat. Akan muncul masterpiece. Karya yang fenomenal, minimal untuk kita sendiri, karena itu juga tergantung dari besarnya bakat seseorang.

Sebenarnya tingkat tertinggi seseorang berkarya itu ketika dia sudah tidak mempedulikan lagi tanggapan orang atas karyanya. Ibaratnya suatu postingan yang tidak mempedulikan lagi banyaknya like, komen atau share netizen.

Dia hanya ingin menghasilkan karya. Karena karya itu ibarat penyaluran libido; lobido seninya, libido menulisnya, libido bermusiknya, libido melukisnya.

Namun, tentunya tetap ada pertanggungjawaban apabila karya itu dipublikasikan. Karya itu harusnya yang maslahat, membawa kebaikan, menyentuh hati, dan menggerakkan jiwa.

Ketika seorang seniman menghasilkan karya yang melanggar nilai moral atau penulis yang menghasilkan tulisan yang mendorong kebencian, dan itu dipublikasikan maka seniman serta penulis itu akan membawa serta tanggung jawabnya nanti di hadapan Tuhannya.

rumediagrup/meikurnia

2 comments

Comments are closed.