Setiap Kesempatan Jadikan Pengalaman Berharga

Setiap Kesempatan Jadikan Pengalaman Berharga

Setiap orang memiliki kemampuan berbeda, walaupun pendidikan sama. Setiap manusia diciptakan sama dengan fitrah yang sama, ada sebagian orang memiliki kecerdasan yang tinggi tapi tidak memiliki banyak keterampilan, sebagian lagi mereka memiliki keterampilan yang banyak tapi kecerdasannya kurang, bagaimana mereka menempatkan, mendapatkan semua kekurangan itu, adalah yang menentukan diri kamu sendiri.

Salah satu melengkapi kekurangan kita adalah dengan mencari kesempatan. Ya..kesempatan terkadang orang jarang temukan, sehingga kecerdasan menjadi tidak terpengaruh, justru kesempatan itu menjadikan orang tersebut jadi cerdas.

Seperti salah satu muridku panggil saja namanya Adit. Adit adalah salah satu siswa kelas 4 Sekolah Dasar, Adit punya cita-cita menjadi pembalap mobil, Ia belum memiliki banyak kemampuan untuk menulis, membaca, apalagi memahami bacaan atau berhitung, tapi Adit memiliki keterampilan menggambar dan gambar yang dihasilkan menyerupai proyek sebenarnya, Adit selalu menggunakan kesempatan untuk mendapatkan ilmu, ketika ada temannya menjawab satu pertanyaan yang diajukan guru atau temannya yang lain, selalu disimpan dimemorinya dengan memiliki inisial sendiri. Ketika mengerjakan soal, mencari jawaban dari kata-kata atau kalimat pada soal-soal yang ada dan selalu dikaitkan dengan ingatannya. Hmm..alhasil Adit memiliki banyak kata dan kalimat sebagai perpustakaan di memorinya.

Adit pernah membuat puisi tentang cita-citanya, walaupun dengan tulisan apa adanya, tapi memiliki arti yang sangat luas menurutnya. Saya sangat kagum dengannya karena setiap pertanyaan selalu dijawab dengan hal yang positif seperti, perbuatan baik, hanya kepada Allah, masuk surga dan masih banyak lagi, kalimat apirmasi sebagai pendukungnya, sehingga apa yang diucapkan sebagai do’a yang secara tidak langsung atau tanpa sadar dalam kegiatannya. Adit sangat sensitif ketika ada teman yang ingin menjaili atau meledek, menurut saya itu bentuk positif bahwa Adit memiliki kepekaan yang tinggi hanya perlu kita orang dewasa memberikan bimbingan.

Dari cerita Adit saya selalu belajar mencari kesempatan, ambil ilmu dari kesempatan itu, kita jadikan satu pengalaman berharga, jangan lupa selalu berpikir dan berucap hal yang positif, karena itu akan menjadi sebuah energi besar dalam mengalahkan kecerdasan apapun. Wallahu’alam bi showab

Semoga bermanfaat

Rumahmediagrup/Maepurpple

2 comments

Comments are closed.