Hiburan Pengisi Jiwa

Hiburan Pengisi Jiwa

Merasa jenuh dengan rutinitas sehari-hari? Merasa mood berubah-ubah tak karuan? Ingin mencari kesenangan tapi isi dompet sudah menipis?

Pasti mengesalkan, ya? Inginnya marah-marah. Apa yang dilakukan orang-orang di sekitar kita terlihat salah semua.

Hoho. Daripada uring-uringan, nggak bagus juga buat kesehatan mental kita. Bagaimana kalau mencoba salah satu kegiatan berikut ini :

Sumber : koleksi pribadi Rhea Ilham Nurjanah
  1. Bermusik. Suka mendengarkan lagu? Memainkan alat musik, atau punya hobi menyanyi? Salurkan energi kita untuk bermusik. Saat ini sudah banyak aplikasi yang menunjang hobi bermusik. Bila ingin bernyanyi, tak perlu jauh-jauh ke tempat karaokean. Atau punya alat musik di rumah? Bisa dicoba untuk belajar memainkannya. Tetapi ingat, bermusiknya yang aman. Seperti memilih lirik lagu yang positif, melodi yang menenangkan, dan jangan memilih lagu-lagu sedih ataupun lagu berlirik putus asa. Lagu-lagu klasik aransemen Sebastian Bach direkomendasikan baik bagi perkembangan janin maupun detak jantung manusia agar tetap berdenyut normal.
  2. Olahraga. Lakukan olahraga saat pagi atau sore hari saat matahari sudah tidak terlalu panas. Pilih olahraga yang ringan seperti jogging atau jalan santai, bermain badminton di halaman rumah, lompat tali, yoga dan lain-lain. Keringat yang keluar karena berolahraga itu sehat, loh. Sebab mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Detak jantung dan peredaran darah akan berfungsi lebih baik lagi.
  3. Menulis. Banyak sudah penulis yang mengakui bahwa dengan menulis, perasaan dan beban yang menghimpit akan berkurang. Hati menjadi lega dan senang. Tulis dalam bentuk apapun sampai semua beban lepas. Tak perlu diedit. Bebaskan saja.
  4. Menggambar. Menggambar nyatanya bisa merefleksikan kegundahan yang sedang dirasakan. Gambarlah apapun yang ingin digambar. Bentuk yang realistis hingga abstrak. Tak perlu memikirkan bagaimana hasil akhirnya. Lakukan saja dengan jiwa yang merdeka.
  5. Memasak. Sesekali memasak menu baru dengan keluarga bila memiliki hobi memasak. Cari resepnya di buku resep atau mencari di internet. Belanja dan memasak bareng-bareng. Berandai-andai seolah kita adalah juru masak terkenal. Pasti seru!
  6. Kerajinan tangan. Penulis pernah berkesempatan mengunjungi tempat rehabilitasi jiwa alias rumah sakit jiwa terdekat. Di sana pasien-pasien dengan kondisi sudah lebih baik –dengan tingkat kesembuhan sekitar 70%– akan diarahkan untuk membuat berbagai kerajinan tangan. Tujuannya supaya mereka punya kesibukan, hasil kerajinannya bisa dijual, dan menghasilkan uang. Saat dilihat, karyanya tak kalah bagus dengan buatan orang sehat, loh. Wah, ternyata membuat keterampilan tangan itu tidak boleh dianggap sepele karena nyata-nyata sangat bermanfaat.
  7. Menghafal Alquran. Pernah mendengar seorang anak yang cacat otak bisa menghafal isi Alquran selama hanya 7-8 bulan saja? Luar biasa, bukan? Hal ini merupakan bukti bahwa Alquran memiliki khasiat menyehatkan yang dahsyat. Jadi bagi yang beragama Islam, ayo tengok kitab suci kita. Sebab sebagai mukjizat terbesar Rasulullah SAW, Alquran sudah banyak berbicara lewat keajaiban-keajaiban yang ditunjukkan oleh para penghafalnya.

Sudah mendapat alternatif pengusir rasa bosan dan mood buruk berdasarkan ulasan di atas? Selamat mencoba dan bahagia selalu.

koleksi pribadi rhea ilham nurjanah

rumahmediagrup/ rheailhamnurjanah

2 comments

Comments are closed.