HIJRAH RAIH IMAN DAN ISLAM

/” HIJRAH RAIH IMAN DAN ISLAM

Oleh Puji Yuli

Waktu berlalu begitu cepat, kita saat ini sudah sampai ke bulan Muharram tahun 1443 Hijriah. Bulan Muharram itu kita kenal dengan bulan hijrah. Hijrah yang berarti perpindahan dari masa kegelapan menuju masa kebaikan. Hijrah bisa juga peralihan dari masa jahiliyah menuju masa Islam. Kita tahu terkait hijrah ini perpindahan dari Makkah ke Madinah dalam dakwah Islam yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Hijrah dijadikan sebagai kalender tahun baru Islam, atas usulan Ali bin Abi Thalib. Alasan Beliau, karena itulah hari dimana Rasulullah SAW meninggalkan wilayah syirik dan Umar pun setuju. Beliau menegaskan bahwa hijrah itu telah memisahkan antara yang haq dengan yang batil. Hijrah itu telah memisahkan antara Islam dengan kekufuran. (Lihat Ibn Hajar, Fath al-Barial-Bari, Juz VIII/576 dan 577).

Tahun baru Islam telah menjadi sejarah dari hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Bulan Muharram merupakan bulan pertama pada kalender Hijriyah. Oleh karena itu, Muhasabah penting dilakukan oleh seorang muslim untuk melakukan perbaikan atas sikap dan perilakunya dari bermaksiat menuju taubat dan ketaatan kepada Allah SWT. Ini penting dilakukan oleh kaum muslimin agar hijrah sepenuh hati tanpa tapi dan tanpa nanti untuk meraih Iman dan Islam.

Saat ini, kita sebagai kaum muslimin perlu memahami bahwa hijrah sejatinya bukan sekedar gaya hidup. Melainkan hijrah untuk meraih iman dan Islam itu sebagai kebutuhan pokok untuk menjalani kehidupan di dunia ini sesuai petunjuk Alquran. Hal ini perlu kita lakukan agar hidup kita bisa selamat dan bisa meraih ridho Allah SWT dunia akhirat. Kaum muslimin perlu melakukan hijrah untuk meraih Iman dan Islam secara kolektif alias bareng bareng agar bisa istiqomah dan konsisten dalam menjalani hidup sesuai Alquran dan Syariah Islam. Kaum muslimin perlu untuk mengkaji Islam dan Alquran sebagai petunjuk hidup di dunia ini agar selamat dan tidak tersesat. Oleh karena itulah perlunya hijarah bareng bareng menuju ketaatan raih Iman dan Islam. Hal ini dilakukan karena kita yakin bahwa Islam itu ajaran sempurna dan rahmat bagi semesta alam.

‘/pujiyuli/rumahmedia

/”HIJRAH RAIH IMAN DAN ISLAM
Oleh Puji Yuli