HUJAN (BAGIAN 1)

HUJAN (BAGIAN 1)

Oleh Puji Yuli

Musim hujan mulai datang di bulan Desember ini. Seperti untaian kata bulan Desember itu identik gede gedene sumber alias banyaknya sumber air yang ada karena memang bulan Desember ini adalah musim penghujan. Hujan itu bisa membawa berkah rahmat bagi makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan juga manusia . Tetapi hujan bisa membawa malapetaka bagi makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan dan manusia.

Saat musim kemarau yang berkepanjangan itu para petani berharap akan datang musim hujan. Dengan hujan yang turun itu petani bisa untuk mulai bercocok tanam baik itu tanaman padi, jagung maupun buah buahan. Hujan diharapkan bisa mengatasi masalah kekeringan yang terjadi di beberapa daerah di nusantara . Hujan yang turun itu bisa berupa hujan lebat , hujan gerimis , hujan salju, hujan es maupun hujan air.

Para petani dan para penduduk di sebagian wilayah nusantara ini melakukan shalat istisqo alias shalat minta hujan. Dan hujan yang diharapkan turun itu adalah hujan air agar bisa mengatasi masalah kekeringan juga masalah kebakaran hutan dan lahan. Selain itu , hujan yang diharapkan turun itu bisa menumbuhkan tanaman petani berupa padi, jagung, kedelai, buah buahan dan sayuran .

Hujan itu diharapkan sebagai obat bagi oase kekeringan yang terjadi di sebagian wilayah nusantara . Dengan adanya hujan itu maka diharapkan bisa menghidupkan tanaman alias tumbuhan juga bisa digunakan untuk tambak ikan dan bisa digunakan untuk sumber air bagi manusia sebagai air bersih. Dengan air bersih maka manusia bisa menggunakan air hujan untuk minum, memasak, mandi maupun mencuci.

Puji Yuli /rumahmedia