HUJAN (BAGIAN 3)

HUJAN (BAGIAN 3)

Oleh Puji Yuli

Hujan deras yang lebat disertai petir dan angin kencang itu menandakan bukti kekuasaan Allah SWT. Hujan lebat disertai petir dan angin kencang bahkan adanya hujan es itu seharusnya menjadi bukti bagi manusia bahwa Allah SWT itu Maha Pencipta dan Maha Pengatur. Seharusnya manusia bisa belajar dengan adanya hujan deras yang lebat dan disertai angin kencang juga petir yang turun di bumi ini.

Hujan itu diharapkan bisa memberikan kehidupan bagi makhluk hidup berupa tumbuhan, hewan dan manusia. Dengan hujan itu bisa tumbuh subur lahan pertanian untuk makan hewan ternak juga manusia. Apabila manusia bisa memanfaatkan air hujan yang turun itu secara bijak untuk memelihara lingkungan hidup dan ekosistem. Tetapi, jika manusia tidak bijak dalam mengelola air hujan dan lingkungan hidup maka hujan yang turun itu bisa membawa malapetaka dan bencana bagi alam semesta.

Hujan yang turun di bumi nusantara ini atas kehendak Allah SWT. Sebagaimana disebutkan dalam Alquran bahwa hujan yang turun itu bisa menumbuhkan tanaman berupa sayuran dan buah buahan yang bisa dimanfaatkan oleh manusia dan hewan. Inilah bukti bahwa Allah SWT itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang bagi makhluk ciptaannya termasuk manusia.

Oleh karena itulah manusia sebaiknya jangan bersikap sombong dalam menjalani kehidupan ini. Ingatlah bahwa manusia itu makhluk yang lemah dan terbatas yang butuh air hujan untuk bisa hidup. Selain itu, manusia itu tak kuasa untuk menghadapi bencana alam yang ada karena turunnya hujan yang deras, lebat dan disertai angin kencang. Semoga dengan peristiwa turunnya air hujan di bumi nusantara ini bisa membuat manusia bersyukur dan meningkatkan kualitas amal sholih kepada Allah SWT. Amiin ya Allah SWT.

Puji Yuli /rumahmedia